Dinpar Sleman Luncurkan Buku Pesona Wisata Bumi Sembada

Prangko Buk Renteng diluncurkan seharga Rp3,5 juta

Sleman, IDN Times - Dinas Pariwisata (Dinpar) Sleman akan meluncurkan buku Pesona Wisata Bumi Sembada dan prangko seri penanda kota, Buk Renteng. Peluncuran ini untuk mendukung perkembangan pariwisata Sleman, dan menjadi bagian memperingati hari jadi ke-108 Pemkab Sleman.

"Sebagai bentuk mangayubagya Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mempersembahkan Buku Pesona Wisata Bumi Sembada dan Prangko seri penanda kota, Buk Renteng," ujar Kepala Dinpar Sleman, Ishadi Zayid, Senin (6/5/2024).

1. Kontribusi sektor pariwisata sangat besar

Dinpar Sleman Luncurkan Buku Pesona Wisata Bumi SembadaTempat wisata Bunker Kaliadem di Kaki Gunung Merapi, Sleman. (IDN Times/Febriana Sinta)

Ishadi Zayid mengatakan sektor pariwisata telah berkembang di Kabupaten Sleman, terlihat dari kontribusi sektor pariwisata yang semakin meningkat selama 108 tahun Kabupaten Sleman berdiri.

Data tahun 2023 menunjukkan sektor pariwisata memberi kontribusi tidak kurang dari 30 persen pembentukan Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Dimana penerimaan pajak (pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan) menyumbang tidak kurang dari 97 persen," jelas Ishadi Zayid.

2. Buku untuk kenalkan berbagai potensi wisata yang ada

Dinpar Sleman Luncurkan Buku Pesona Wisata Bumi SembadaCandi Prambanan (pexels.com)

Penerbitan buku dimaksudkan untuk mempromosikan ragam destinasi wisata di Kabupaten Sleman, seperti wisata alam, wisata budaya, wisata petualangan, sport tourism, edu-tourism, wisata kuliner dan cindera mata.

"Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan pengenalan beragam destinasi wisata kepada masyarakat umumnya, dan calon wisatawan pada khususnya," kata Ishadi Zayid.

Buku bakal didistribusikan kepada tamu undangan pada saat Upacara Peringatan Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman, instansi dan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman, pelaku usaha pariwisata, dan stakeholder pariwisata lainnya.

Baca Juga: Simak Berbagai Kegiatan Sambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman

3. Prangko buk renteng kenalkan selokan van der wijck

Dinpar Sleman Luncurkan Buku Pesona Wisata Bumi SembadaFestival van der wijck. (Dok. Istimewa)

Peluncuran prangko seri penanda kota, Buk Renteng (Prangko Buk Renteng) merupakan upaya Dinpar Sleman lebih mengenalkan Buk Renteng atau Selokan Van Der Wijck kepada wisatawan nusantara dan mancanegara. Hal ini mengingat jangkauan prangko yang bisa menembus batas waktu dan batas negara. Prangko yang dijual dengan harga Rp3,5 juta, dapat dibeli di kantor pos bersamaan dengan Peringatan Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman.

Buk Renteng merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang telah ditetapkan Bupati Sleman melalui Keputusan Nomor 72.4/Kep.KDH/A/2022, terletak di Dusun Tangisan, Kalurahan Banyurejo, Kapanewon Tempel. Bangunan yang dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, memiliki peran penting menjamin irigasi di salah satu lumbung pangan DIY.

 

Baca Juga: Pelatih Seto Nurdiantoro Comeback Nahkodai PSIM Yogyakarta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya