Dhaup Ageng Putra Paku Alam X Ikut Dongkrak Reservasi Hotel

Angka di Januari 2024 lebih tinggi dari tahun lalu

Yogyakarta, IDN Times - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PHRI DIY) mencatat ada tren positif reservasi hotel pada momen Dhaup Ageng pernikahan putra bungsu KGPAA Paku Alam X dan GKBRAA Paku Alam yang berlangsung Minggu (7/1/2024)-Kamis (11/1/2024). Tidak hanya karena ribuan tamu yang diundang, namun juga banyak masyarakat luar daerah yang tertarik menyaksikan prosesi Dhaup Ageng.

"Dhaup Ageng turut menjadi pemicu lonjakan reservasi. Bukan hanya mereka yang mendapat undangan, tapi prosesi Dhaup Ageng menjadi daya tarik bagi masyarakat. (Bagi mereka) Melihat dari jauh pun tidak apa-apa," ungkap Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono, Kamis (4/1/2024).

1. Angka reservasi hotel di DIY

Dhaup Ageng Putra Paku Alam X Ikut Dongkrak Reservasi HotelKetua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Prosesi Dhaup Ageng ini memang lekat dengan tradisi budaya. Diketahui untuk acara respesi juga digelar dua hari pada Rabu (10/1/2024) dengan 1.500 tamu dan Kamis (11/1/2024) dengan 4.000 tamu.

"Untuk angka reservasi hotel di DIY pada periode Januari 2024 mencapai 50-55 persen. Februari tercatat 40-50 persen. Lebih tinggi dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 lalu," ungkap Deddy.

2. Presiden dan Capres diundang

Dhaup Ageng Putra Paku Alam X Ikut Dongkrak Reservasi HotelGKBRAA Paku Alam atau Gusti Putri (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Diketahui dalam resepsi Dhaup Ageng ini turut mengundang Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin. Selain itu Capres dan Cawapres juga turut diundang.

"Selain RI 1 dan RI 2, kita juga mengundang Capres dan Cawapres. Tapi apakah akan hadir atau tidak, kita belum tahu," ujar GKBRAA Paku Alam atau yang akrab disapa Gusti Putri, saat konferensi pers, Rabu (3/1/2024). 

Baca Juga: Pura Pakualaman Akan Gelar Dhaup Ageng, Ini Rangkaian Prosesinya

3. Perwakilan kerajaan hingga dubes juga diundang

Dhaup Ageng Putra Paku Alam X Ikut Dongkrak Reservasi HotelKetua Bidang II Panitia Dhaup Ageng, Kanjeng Raden Tumenggung Radyowisroyo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Tamu-tamu VVIP diundang pada resepsi hari pertama Rabu (10/1/2024) pukul 12.00 WIB. Selain mengundang para tokoh dari dalam negeri, pada rangkain prosesi Dhaup Ageng ini juga mengundang 58 kerajaan di Indonesia.

Pihak Pura Pakualaman juga mengundang Kerajaan Malaysia, namun kepastian apakah akan ada yang hadir, belum bisa dipastikan. "Mereka juga bingung, karena waktu bersamaan kerajaan Brunei juga mantu," ungkap Gusti Putri.

Ketua Bidang II, Kanjeng Raden Tumenggung Radyowisroyo menambahkan sejumlah duta besar juga diundang dalam prosesi Dhaup Ageng ini. Setidaknya akan ada belasan duta besar dari berbagai negara yang diundang.

"Ada kurang lebih 11 Duta Besar. Jadi ada perwakilan dari Rusia, Uni Emirat Arab, Malaysia, Korea, Jepang, dan sebagainya," ucap KRT Radyowisroyo.

Baca Juga: Dhaup Ageng Putra Bungsu Paku Alam X Turut Undang Capres-Cawapres

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya