Dhaup Ageng Putra Bungsu Paku Alam X Turut Undang Capres-Cawapres

Kerajaan dari Indonesia hingga Malaysia diundang

Yogyakarta, IDN Times - Tiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) yang berkontestasi dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 turut diundang sebagai tamu dalam Dhaup Ageng pernikahan putra bungsu Adipati Pakualaman KGPAA Paku Alam X dan GKBRAA Paku Alam yaitu BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti, putri dari Tri Prabowo dan (almh) Wijayatun Handrimastuti. Selain capres, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga diundang dalam rangkaian Dhaup Ageng ini.

"Selain RI 1 dan RI 2, kita juga mengundang Capres dan Cawapres. Tapi apakah akan hadir atau tidak, kita belum tahu," ujar GKBRAA Paku Alam atau yang akrab disapa Gusti Putri, saat konferensi pers, Rabu (3/1/2024). 

1. Puluhan kerajaan di Indonesia dan Kerajaan Malaysia diundang

Dhaup Ageng Putra Bungsu Paku Alam X Turut Undang Capres-CawapresGKBRAA Paku Alam atau Gusti Putri (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Tamu-tamu VVIP diundang pada resepsi hari pertama Rabu (10/1/2024) pukul 12.00 WIB. Selain mengundang para tokoh dari dalam negeri, pada rangkaian prosesi Dhaup Ageng ini juga mengundang 58 kerajaan di Indonesia.

Pihak Pura Pakualaman juga mengundang Kerajaan Malaysia, namun kepastian apakah akan ada yang hadir, belum bisa dipastikan. "Mereka juga bingung, karena waktu bersamaan kerajaan Brunei juga mantu," ungkap Gusti Putri.

2. Sejumlah duta besar juga diundang

Dhaup Ageng Putra Bungsu Paku Alam X Turut Undang Capres-CawapresKetua Bidang II Panitia Dhaup Ageng, Kanjeng Raden Tumenggung Radyowisroyo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ketua Bidang II, Kanjeng Raden Tumenggung Radyowisroyo menambahkan sejumlah duta besar juga diundang dalam prosesi Dhaup Ageng ini. Setidaknya akan ada belasan duta besar dari berbagai negara yang diundang.

"Ada kurang lebih 11 Duta Besar. Jadi ada perwakilan dari Rusia, Uni Emirat Arab, Malaysia, Korea, Jepang, dan sebagainya," ucap KRT Radyowisroyo.

Baca Juga: Pura Pakualaman Akan Gelar Dhaup Ageng, Ini Rangkaian Prosesinya

3. Acara resepsi bagian dari Dhaup Ageng

Dhaup Ageng Putra Bungsu Paku Alam X Turut Undang Capres-CawapresPersiapan Dhaup Ageng di Pura Pakualaman. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Diketahui untuk resepsi (Pahargyan Hari Pertama) dilaksanakan di KD Bangsal Sewatama mulai pukul 12.00 WIB yang akan dihadiri oleh 1.500 tamu pada Rabu (10/1/2024). Pada kesempatan ini para tamu disuguhi dua beksan ‘tari’, yakni Bedhaya Sidamukti dan Bedhaya Kakung Indrawidagda. Acara diakhiri dengan Tampa Kaya atau Kacar-Kucur serta Dhahar Klimah.

Resepsi (Pahargyan Hari Kedua) dilaksanakan pada hari Kamis (11/1/ 2024) mulai pukul 18.30 WIB di KD Bangsal Sewatama dengan tamu undangan sejumlah 4.000 tamu. Pada resepsi ini ditampilkan tiga beksan ‘tari’, yaitu Beksan Tyas Muncar, Bedhaya Wasita Nrangsmu, dan Lawung Alit. Rangkaian acara Dhaup Ageng diakhiri dengan pamitan dan Kondur besan pada Jumat (12/1/2024).

Baca Juga: Profil Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta KGPAA Paku Alam X

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya