Dekranasda Sleman Targetkan 80 Ribu UMKM Naik Kelas

Dekranasda sebut packaging jadi salah satu kendala UMKM

Sleman, IDN Times - Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional) Kabupaten Sleman targetkan UMKM naik kelas. Ketua Dekranasda Sleman, Sri Purnomo, mengatakan saat ini mewadahi 80 ribu UMKM, namun tidak semua UMKM berkembang baik.

 

1. Sejumlah kendala masih dihadapi UMKM

Dekranasda Sleman Targetkan 80 Ribu UMKM Naik KelasKetua Dekranasda Sleman, Sri Purnomo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sri Purnomo menyebut saat ini UMKM di Sleman mulai dari skala rumah tangga, hingga yang memiliki pegawai dengan jumlah yang cukup banyak. 

Mantan Bupati Sleman tersebut mengakui sejumlah kendala masih dihadapi UMKM. Salah satunya adalah packaging, yang sangat penting dalam sebuah produk. "Padahal orang beli lihat dulu pandangan mata, baru rasanya gimana, itu jadi faktor penting. Kesempatan ini (pelatihan) semoga bisa dimanfaatkan dengan baik," ujar Sri Purnomo, Selasa (31/10/2023).

2. Kolaborasi untuk mendorong UMKM naik kelas

Dekranasda Sleman Targetkan 80 Ribu UMKM Naik KelasKonsumen sedang melihat produk UMKM yang sudah bersertifikasi halal di Festival Jateng Syariah (FAJAR) 2023 di Hotel Gumaya Semarang, Rabu (2/8/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Staf Ahli Bupati Sleman, Bidang Kesejahteraan Rakyat, Hery Sutopo menyebut Pemkab Sleman terbuka dan proaktif untuk memberdayakan masyarakat. Salah satunya melalui fasilitasi, kolaborasi UMKM dengan pengusaha agar tumbuh dengan baik. "Kami harap dapat melibatkan masyarakat, dan UMKM Sleman jadi tuan rumah di daerahnya sendiri," ujar Hery.

Hal yang sama disampaikan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah Istimewa Yogyakarta (Kadin DIY), Jacky Latupeirissa, menyebut pihaknya membuka diri bagi UMKM di Sleman untuk bisa bergabung dengan Kadin. 

Baca Juga: 5 Resort di Sleman dengan Kolam Renang, Healing Makin Betah

3. Wadahi UMKM dan dorong perluasan pemasaran

Dekranasda Sleman Targetkan 80 Ribu UMKM Naik KelasPenandatanganan MoU Pemkab Sleman dan Bakpia Kukus Tugu Jogja, di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (31/10/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Marketing Direktur Bakpia Tugu Jogja, Nanang Siswanto membuka peluang UMKM di Sleman untuk bisa masuk outlet Bakpia Tugu Jogja. Harapannya UMKM dari Sleman bisa memperluas pasar. "Konsumen bisa melihat langsung, mencoba dan membeli," kata Nanang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kedai Es Buah di Sleman, Segarnya Bikin Nagih

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya