Dampak Cuaca Ekstrem di DIY, Ratusan Rumah Alami Kerusakan

Sejumlah fasilitas umum juga terdampak

Yogyakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (BPBD DIY) mencatat ratusan rumah mengalami kerusakan akibat hujan disertai angin yang terjadi pada Rabu (3/1/2024). Terdapat korban luka juga dalam kejadian tersebut.

Berdasar data BPBD DIY, wilayah yang terdampak paling parah yaitu Kabupaten Gunungkidul. "Dampak di Gunungkidul luka sedang 1 orang, luka ringan 1 orang, rumah rusak ada 124 unit," ujar Kepala Pelaksana BPBD DIY, Noviar Rahmad, Kamis (4/1/2024).

1. Dampak cuaca ekstrem di Gunungkidul

Dampak Cuaca Ekstrem di DIY, Ratusan Rumah Alami KerusakanDampak cuaca ekstrem di DIY, Rabu (3/1/2024). (Dok. Istimewa)

Selain korban luka dan ratusan rumah rusak, cuaca ekstrem yang terjadi juga mengakibatkan pohon tumbang sebanyak 42 titik, kemudian berdampak pada akses jalan 8 titik, fasilitas kesehatan 1 titik. Selain itu juga berdampak pada fasilitas pemerintahan 1 titik, tempat usaha 6 titik, kandang ternak 5 titik.

"Kendaraan roda dua 1 unit, tempat ibadah dua unit terdampak, dan jaringan listrik di 7 titik," ungkap Noviar.

2. Dampak di Sleman dan Yogyakarta

Dampak Cuaca Ekstrem di DIY, Ratusan Rumah Alami KerusakanDampak cuaca ekstrem di DIY, Rabu (3/1/2024). (Dok. Istimewa)

Untuk Kabupaten Sleman tercatat dampak yang ditimbulkan pohon tumbang sebanyak 23 titik, akses jalan 10 titik, jaringan listrik 3 titik, jaringan telpon 1 titik. Selain itu juga jaringan internet 2 titik, PJU 1 titik, atap beterbangan 2 titik, rumah 9 titik, tempat usaha 1 titik, pasar 1 titik, fasilatas pemerintahan 1 unit.

Kota Yogyakarta dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem, talut longsor 1 titik, pohon tumbang 4 titik, akses jalan 3 titik. Kemudian, fasilatas pemerintah 1 unit, kendaraan 1 unit roda empat, kabel telpon 1 unit, kabel PJU 1 unit.

Baca Juga: 92 Lokasi di Gunungkidul Terdampak Bencana Angin Kencang

3. Dampak di Bantul dan Kulon Progo

Dampak Cuaca Ekstrem di DIY, Ratusan Rumah Alami KerusakanDampak cuaca ekstrem di DIY, Rabu (3/1/2024). (Dok. Istimewa)

Di Kabupaten Bantul, tercatat dampak yang ditimbulkan, kerusakan rumah 8 titik, tempat Usaha 4 titik. Kemudian juga berdampak pada akses jalan 9 titik, kendaraan 1 unit, jaringan listrik 9 titik, jaringan telekomunikasi 1 titik, dan lain-lain 1 titik.

Sementara itu untuk Kabupaten Kulon Progo, tercatat berdampak pada akses jalan 3 titik, jaringan internet 1 titik, jaringan listrik 1 unit, pohon tumbang 6 titik, dan rumah rusak 1 unit.

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yag dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Gunungkidul, Bantul bagian utara, dan Kulon Progo bagian utara," ungkap Noviar.

Baca Juga: Pasca Kebakaran Gedung Perangkat, Indosat Sebut Layanan Normal

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya