Cegah Tertinggal Kereta, KAI Minta Penumpang Waspadai Kemacetan Jalan

Tiket kereta arus mudik H+2 hingga H+5, ludes terjual

Yogyakarta, IDN Times - PT KAI Daop 6 Yogyakarta meminta seluruh pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup menuju stasiun keberangkatan, pada momen arus mudik dan balik Lebaran.

1. Antisipasi lalu lintas yang padat

Cegah Tertinggal Kereta, KAI Minta Penumpang Waspadai Kemacetan JalanPenumpang kereta api. (Dok. Istimewa)

Hal ini untuk menghindari kemungkinan tertinggal kereta api, lantaran kepadatan lalu lintas.  

"Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung meningkat di momen menuju mudik Lebaran, atau faktor-faktor lainnya, kami mengingatkan pelanggan mengatur waktu keberangkatan dari kediaman menuju stasiun keberangkatan," ujar Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Selasa (26/3/2024).

 

2. Penjualan tiket Lebaran

Cegah Tertinggal Kereta, KAI Minta Penumpang Waspadai Kemacetan JalanIlustrasi penumpang kereta api. (Dok. Istimewa)

Sementara itu, berdasarkan data pada Senin (25/3/2024) pukul 08.00 WIB, tiket KA jarak jauh keberangkatan dari Daop 6 Yogyakarta, pada periode keberangkatan H-10 (tanggal 31 Maret) hingga H+10 ( tanggal 21 April), tiket terjual sebanyak 216.529 atau 59 persen dari total tiket yang disediakan. 

Pada arus balik, H+2 tanggal 13 April, H+3 tanggal 14 April dan H+4 tanggal 15 April, okupansi sudah terjual 100 persen, dengan prediksi puncak arus balik di H+3 tanggal 14 April sejumlah 17.927. 

Baca Juga: Hindari Kemacetan Tahun Baru 17 KA Berhenti Luar Biasa di Lempuyangan

3. Puncak arus mudik

Cegah Tertinggal Kereta, KAI Minta Penumpang Waspadai Kemacetan JalanIlustrasi penumpang kereta api. (Dok. Istimewa)

PT KAI memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-4 tanggal 6 April, penumpang yang turun di wilayah Daop 6 Yogyakarta sejumlah 15.674, dan pada hari Lebaran kedua masih banyak penumpang yang turun, atau hampir berimbang dengan prediksi puncak arus Mudik yaitu sejumlah 15.487.

"Jika tiket yang diinginkan telah terjual habis, pelanggan memiliki opsi untuk memilih tanggal alternatif atau menggunakan fitur Connecting Train pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini akan membantu memberikan pilihan perjalanan dengan menggabungkan jadwal kereta yang tersedia secara bersambung," kata Krisbiyantoro.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Murah sekitar Stasiun Tugu Jogja Harga Mulai Rp3 Ribuan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya