Candi Prambanan Sediakan Paket Wisata Spiritual untuk Umat Hindu

Purnama Tilem beri ruang umat untuk beribadah 

Sleman, IDN Times - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) membuat program wisata religi bagi turis bertajuk Purnama Tilem Prambanan.

Wisata spiritual di kawasan Candi Prambanan ini merupakan wujud implementasi konkrit dari Nota Kesepakatan Pemanfaatan Candi Prambanan dan Borobudur untuk umat Hindu dan Budha di Indonesia dan dunia.

Kehadiran aktivitas wisata ini mendukung misi edukasi untuk keberlangsungan dan upaya pelestarian dari situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

1. Beri ruang umat Hindu untuk beribadah

Candi Prambanan Sediakan Paket Wisata Spiritual untuk Umat HinduPurnama Tilem Prambanan. (Dok. Istimewa)

Paket Purnama Tilem Prambanan dirancang khusus untuk memberikan pengalaman otentik kepada pengunjung dengan menggabungkan kemegahan situs candi yang adiluhung, kaya akan nilai sejarah dengan nuansa spiritual yang begitu kental.

Manajemen PT TWC berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan spiritual tourism untuk mendongkrak pariwisata berkualitas di Indonesia.

“Salah satu tujuan utama dari paket Purnama Tilem adalah mendukung terwujudnya pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. Memadukan pengalaman wisata yang mendalam dan eksklusif, umat bisa turut merasakan momen sakral sekaligus spesial. Ruang spiritual terbuka lebar, membuka jiwa untuk bersemayam dalam tenang. Kami berupaya menciptakan pengalaman berwisata yang berkesan dan berkelanjutan,” ungkap Direktur Utama PT TWC, Febrina Intan, Jumat (29/12/2023).

2. Purnama Tilem hari suci umat Hindu

Candi Prambanan Sediakan Paket Wisata Spiritual untuk Umat HinduPurnama Tilem Prambanan. (Dok. Istimewa)

Purnama Tilem merupakan hari suci umat Hindu yang dirayakan tiap 15 hari sekali per bulannya. Dalam setahun, umat Hindu merayakan 12 kali hari raya Purnama dan 12 kali hari raya Tilem. Sesuai namanya, hari Purnama, jatuh tiap malam bulan penuh. Sementara hari Tilem dirayakan pada malam bulan mati.

Pada hari raya Purnama, umat Hindu memuja Sang Hyang Chandra. Sementara, di hari raya Tilem, umat Hindu memuja Sang Hyang Surya. Bagi umat Hindu, Purnama dan Tilem dirayakan untuk memohon berkah dan karunia dari Sang Hyang Widhi.

Pelaksanaan Purnama Tilem Prambanan berlangsung pukul 18.00-21.00 WIB yang dibagi menjadi dua sesi penyelenggaraan.

"Peserta Purnama dan Tilem terlebih dahulu dikumpulkan untuk diberi penjelasan mengenai aturan dan pelaksanaan peribadatan. Setelah itu, peserta memasuki zona I Candi Prambanan bersama sejumlah Pinandita dari Lembaga Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) yang akan memimpin jalannya prosesi ibadah. Peserta juga mendapat sarana sembahyang seperti banten, bokor, bunga, dupa, alas duduk. Di paket premium, peserta ibadah juga mendapatkan hidangan dinner di Prambanan Resto," terangnya. 

Baca Juga: Swara Prambanan, Sheila On 7 dan Musisi Jogja Siap Hibur Penonton

3. Gaungkan kegiatan keagamaan Hindu

Candi Prambanan Sediakan Paket Wisata Spiritual untuk Umat HinduIlustrasi ibadah umat Hindu di Candi Prambanan. (Istimewa/PT TWC).

Program Purnama Tilem Prambanan ini selaras dengan upaya Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI untuk menggaungkan kegiatan keagamaan Hindu yang dilaksanakan di Candi Prambanan, untuk sembahyangan harian perorangan, harian kolektif, maupun hari-hari besar seperti Purnama-Tilem, Galungan-Kuningan, Tawur Agung Nyepi, Saraswati, Siwaratri, Abhiseka, Parisudha Paripurna, Santi Puja, dan lain sebagainya.

Data Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI, jumlah kunjungan khusus untuk persembahyangan di Candi Prambanan dari Januari hingga 27 November 2023, mencapai 22.208 umat. Langkah konkret untuk mengoptimalkan pemanfaatan Candi Prambanan sebagai pusat destinasi wisata spiritual umat Hindu dunia mulai berjalan dan didukung oleh berbagai pihak.

Pembimas Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (Didik Widya Putra), menyambut baik, atas inisiatif dan gerak cepat mewujudkan Program Wisata Religi ini. Hal ini memberikan warna baru sekaligus menjadi banyak pilihan bagi umat Hindu untuk melakukan persembahyangan di pelataran Candi Prambanan baik yang bersifat harian perorangan, harian kolektif (rombongan) maupun persembahyangan yang telah terjadwal yaitu hari hari besar keagamaan Hindu. Dan hari ini telah hadir pilihan yang eksekutif dan premium.

“Kami berharap layanan yang diberikan semakin hari semakin meningkat dan memberikan kebahagiaan dan kebanggaan umat Hindu," pungkasnya.

Baca Juga: Kemarau Panjang, Ratusan KK Terdampak Kekeringan di Sleman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya