BPBD DIY Catat 9 Laka Laut Selama Libur Lebaran 2024

Korban bisa diselamatkan

Intinya Sih...

  • BPBD DIY mencatat laka laut selama libur Lebaran 4-15 April 2024, namun seluruh korban berhasil diselamatkan.
  • Insiden di destinasi wisata libur Lebaran tahun ini cenderung menurun dibanding tahun lalu, pengamanan wisatawan lancar dan aman.
  • Tidak ada kejadian menonjol terkait potensi bencana hidrometeorologi dalam sepekan terakhir, namun masyarakat diminta tetap waspada.

Yogyakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daearah Istimewa Yogyakarta (BPBD DIY) mencatat sejumlah kejadian laka laut pada momen libur Lebaran 4–15 April 2024. Beruntung seluruh korban dapat diselamatkan.

"Hasil pengamanan kita di destinasi wisata kemarin dari tanggal 4–15 April, laka laut 9 orang, selamat semua," ujar Kepala Pelaksana BPBD DIY, Noviar Rahmad, Selasa (16/4/2024).

1. Insiden di objek wisata dinilai menurun

BPBD DIY Catat 9 Laka Laut Selama Libur Lebaran 2024Kunjungan wisatawan di Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Secara umum Noviar mengatakan insiden di destinasi wisata libur Lebaran tahun ini cenderung menurun jika dibanding tahun lalu. Disebutnya pengamanan wisatawan di DIY lancar dan aman selama liburan ini.

"Menurun sebenarnya (laka laut). (Tahun lalu) sempat ada yang terseret ombak. (Tahun ini) Ada terseret 3, bisa diselamatkan semua oleh SAR," ucap Noviar.

2. Tidak ada kejadian bencana hidrometeorologi

BPBD DIY Catat 9 Laka Laut Selama Libur Lebaran 2024ilustrasi hujan (unsplash.com/bckfwd)

Noviar menyebut terkait potensi bencana hidrometeorologi, sepekan terakhir evaluasi dari BPBD DIY, tidak ada kejadian yang menonjol. Meski begitu, ia mengimbau kepada masyarakat maupun wisatawan yang masih ada di DIY untuk waspada potensi bencana hidrometeorologi.

"Seminggu terakhir tidak ada kejadian menonjol, hujan batas normal, gak banjir, longsor, gak ada bencana," ungkap Noviar.

Baca Juga: Libur Lebaran, Volume Kendaraan di Kota Yogyakarta Melebihi Prediksi

3. Koordinasi dengan FPRB

BPBD DIY Catat 9 Laka Laut Selama Libur Lebaran 2024Kepala Pelaksana BPBD DIY, Noviar Rahmad. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

BPBD DIY sendiri juga berkordinasi dengan setiap keluarahan dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB). Dikatakan Noviar, FPRB selalu siap jika terjadi bencana.

"FPRB selalu siaga ketika terjadi bencana, siap bersama relawan dan masyarakat," ujar Noviar.

Baca Juga: PHRI Soroti Penginapan Tak Miliki Izin, Berpotensi Rugikan Pemerintah 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya