Besok Selasa Diperkirakan Puncak Arus Mudik di Jogja  

5,9 juta pemudik diprediksi datang ke Jogja 

Yogyakarta, IDN Times - Pemudik lebaran tahun 2023 mulai berdatangan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sejumlah pihak memprediksi peningkatan arus mudik, akan terjadi besok Selasa (18/4/2023).

"Mulai besok Selasa (18/4/2023) pagi sudah padat," ujar Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY, Hantoro, Senin (17/4/2023).

1. Ratusan bus dipersiapkan

Besok Selasa Diperkirakan Puncak Arus Mudik di Jogja  Ilustrasi Terminal Giwangan Yogyakarta (IDN Times/Nindias Khalika)

Berbagai kesiapan dilakukan Organda DIY menyambut pemudik tahun ini. Organda DIY menyiapkan 200 bus reguler, dan 400 bus tambahan menggunakan angkutan pariwisata.

"Untuk kendaraan sudah dipersiapkan ramp check yang dilaksanakan oleh Kemenhub dan Dishub DIY. Untuk awak angkutan juga sudah dicek Dokes Jasa Raharja Cabang Yogyakarta," ujar Hantoro.

2. H-2 diperkirakan jadi puncak pemudik kereta api

Besok Selasa Diperkirakan Puncak Arus Mudik di Jogja  Ilustrasi kereta api. (Dok. PT KAI Daop 6)

EVP Daop 6 Yogyakarta, Raden Agus Dwinanto Budiadji mengungkapkan puncak arus mudik pada Lebaran kali ini diperkirakan terjadi pada H-2 lebaran. Berbagai kesiapan dilakukan mulai dari persiapan petugas hingga fasilitas penunjang.

"Kami ada perhatian khusus untuk arus mudik tahun ini. Ada kenaikan angka penumpang baik arus mudik maupun arus balik. Dibandingkan tahun sebelumnya meningkat 36 persen untuk kereta jarak jauh," ungkap Agus.

Baca Juga: Lebaran Seminggu Lagi, Pelaku Wisata di Jogja Siap Menuai Berkah  

Baca Juga: Lebaran Saatnya Melepas Rindu, Macet di Jalan Tak Jadi Masalah  

3. Sebanyak 5,9 juta pemudik ke DIY

Besok Selasa Diperkirakan Puncak Arus Mudik di Jogja  Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dishub DIY) memperkirakan jumlah pemudik di DIY pada lebaran tahun 2023 ini mencapai 5,9 juta. Angka tersebut meningkat hampir dua kali lipat dari tahun lalu.

"Kita harus punya effort yang cukup karena sekitar 5,9 juta prediksinya (pemudik)," ujar Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti.

Baca Juga: Catat, Ini Titik Rawan Macet di Bantul saat Libur Lebaran

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya