Beny Suharsono Dilantik Jadi Sekda DIY, Diminta Jaga Kesejukan Pemilu

Dukung pembangunan hingga pengentasan kemiskinan

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, resmi melantik Kepala Bappeda DIY, Beny Suharsono sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (22/5/2023). Sultan meminta Sekda untuk turut menyejukkan suasana jelang tahun politik.

Sultan mengingatkan pada November 2023 ini akan memasuki masa kampanye Pemilu. Kemungkinan besar jelang pesta demokrasi itu, akan diwarnai fluktuasi dinamika sosial politik.

1. Sekda diminta menyejukan suasana Pemilu

Beny Suharsono Dilantik Jadi Sekda DIY, Diminta Jaga Kesejukan PemiluIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Sultan mengungkapkan belajar dari tahun sebelumnya Pemilu berpotensi munculnya dinamika baik di dunia maya maupun dunia nyata. Oleh karenanya, Sekda perlu untuk turut menjaga suasana tetap sejuk. 

"Belajar dari masa sebelumnya, pemilihan umum berpotensi menyulut greget saut, baik di dunia maya maupun dunia nyata. Berkenaan dengan hal tersebut, Sekda DIY diperlukan kearifannya, dengan turut menyemai nilai-nilai budaya dan Keistimewaan Yogyakarta, untuk menyejukkan suasana," harap Sultan.

2. Akselerasi pembangunan PSN

Beny Suharsono Dilantik Jadi Sekda DIY, Diminta Jaga Kesejukan PemiluPelantikan Sekda DIY, Beny Suharsono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sultan mengatakan Sekda juga harus berperan dalam mengakselerasi pembangunan, antara lain aktif dalam koordinasi Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Jogja-Solo dan Tol Jogja-Bawen, pembangunan wilayah Jogja Bagian Selatan, serta berbagai pembangunan infrastruktur pemerintah daerah seperti pembangunan jalan, jembatan, rest area, dan revitalisasi jalan.

"Semua itu dilakukan demi sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat DIY," kata Sultan.

Secara eksplisit, RPJPD 2005-2025 memberikan tekanan 'prioritas' pada pentingnya pemberian pendampingan, subsidi, dan investasi yang lebih besar dalam upaya merealisasikan skema 'Jogja Menghadap ke Selatan'.

"Selain itu, pemenuhan hak-hak dasar bagi penduduk miskin melalui peningkatan pemenuhan pelayanan kesehatan, pendidikan, budaya, ekonomi, dan infrastruktur juga menjadi sebuah urgensi," ujar Sultan.

Baca Juga: Lagi, Satpol PP DIY Segel Hunian di Tanah Kas Desa Sleman 

3. Mendukung tercapainya visi Gubernur

Beny Suharsono Dilantik Jadi Sekda DIY, Diminta Jaga Kesejukan PemiluGubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Dikatakan Sultan, Sekda terlantik harus meresapi, dan selanjutnya memobilisasi segala potensi, untuk mendukung tercapainya Visi Gubernur Mewujudkan Pancamulia Masyarakat Jogja melalui Reformasi Kalurahan, Pemberdayaan Kawasan Selatan, serta Pengembangan Budaya Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi.

"Terwujudnya Panca Mulia, tentu harus didukung dengan bukti dan parameter yang jelas, mulai dari pemilihan variabel, indikator dan metode pengukuran outcome yang tepat," kata Sultan.

Adapun outcome yang diharapkan setidaknya mencakup semakin kecilnya tingkat kemiskinan. Kualitas SDM Yogyakarta yang dapat diandalkan. Lingkungan hidup yang lebih baik, aman dan tenteram. Kehidupan ekonomi yang layak. Mengecilnya ketimpangan antar kelas sosial dan antar wilayah serta good governance pada berbagai tingkatan.

Baca Juga: Ingatkan Lurah Soal TKD, Sultan: Menyalahgunakan, Tunggu Saja

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya