Baznas DIY Salurkan Ribuan Paket Ramadan ke Honorer hingga Marbot

Bentuk distribusi Program Ramadan

Intinya Sih...

  • Baznas DIY mendistribusikan paket logistik keluarga bagi pekerja di lingkungan Pemda DIY.
  • Kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan nilai solidaritas dan kepedulian, sesuai dengan ajaran agama Islam.
  • Pihak Baznas DIY juga menyalurkan bantuan bagi fakir miskin, pendidikan Al Quran, takjil Ramadan, dan beras fitrah.

Yogyakarta, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Daerah Istimewa Yogyajarta (DIY) melakukan kegiatan Pendistribusian Program Ramadhan Baznas DIY di Bangsal Wiyatapraja, Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (18/3/2024). Kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan nilai solidaritas dan kepedulian.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Baznas DIY yang telah berinisiatif dan berhasil menyalurkan Paket Logistik Keluarga bagi para pekerja di lingkungan Pemda DIY. Tindakan ini tidak hanya membantu meringankan beban mereka di bulan suci ini, tapi juga merupakan wujud nyata dari nilai-nilai Islam yang kita junjung tinggi, yaitu solidaritas dan kepedulian terhadap sesama," ungkap Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono.

1. Tingkatkan amal dan kepedulian sosial

Baznas DIY Salurkan Ribuan Paket Ramadan ke Honorer hingga MarbotSekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono. (Dok. Istimewa)

Beny menuturkan, di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, sebagai umat diberi kesempatan untuk meningkatkan amal ibadah dan kepedulian sosial melalui zakat, infaq, amal, dan sedekah. Bahkan dalam Al-Quran, surat Al-Baqarah ayat 110 telah ditegaskan tentang pentingnya berbagi nikmat dengan sesama, terutama di bulan suci ini. Ini adalah bukti bahwa bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kepedulian dan perbuatan baik.

“Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam juga mengajarkan melalui haditsnya yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, sebagai orang yang paling dermawan, dan beliau menjadi lebih lagi dermawan di bulan Ramadan. Ketika Jibril bertemu dengan beliau setiap malam di bulan Ramadan untuk mengajarkan Al-Quran, beliau lebih dermawan dalam berbuat kebaikan daripada angin yang berhembus,” imbuhnya.

Ke depannya, Beny berharap Baznas DIY akan terus memperkuat dan memperluas jaringan kebaikannya, tidak hanya dalam bentuk bantuan langsung seperti yang sudah dilakukan saat ini, tapi juga dalam upaya-upaya pemberdayaan masyarakat. "Semoga kerja keras dan dedikasi Badan Amil Zakat Nasional DIY ini menjadi contoh bagi kita semua dalam berbuat baik dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan umat," katanya.

2. Bantu pekerja di lingkup Pemda DIY yang membutuhkan

Baznas DIY Salurkan Ribuan Paket Ramadan ke Honorer hingga MarbotPendistribusian Program Ramadhan Baznas DIY di Bangsal Wiyatapraja, Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (18/3/2024). (Dok. Istimewa)

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Baznas DIY, Puji Astuti mengatakan, pihaknya juga mengucapkan terima kasih berkat peran dan kontribusi aktif seluruh pihak, khususnya Pemda DIY yang telah mendukung penuh kiprah Baznas DIY. Melalui acara ini Baznas DIY menyerahkan secara simbolis bantuan bagi cleaning service, security dan tenaga bantu non-ASN lainnya di lingkungan Pemda DIY, serta penyaluran program Ramadan bagi masyarakat umum dan santri.

"Pembagian paket logistik keluarga di lingkungan Pemda DIY dan beberapa instansi vertikal berjumlah 2.200 paket. Adapula penyaluran bingkisan paket Ramadhan bahagia bagi tenaga pendidik, marbot masjid, serta tenaga lepas sebanyak 200 paket," imbuhnya.

Baca Juga: Ini Upaya Pihak Swasta Ambil Bagian Tekan Angka Pengangguran di DIY

3. Bantu para santri di ponpes

Baznas DIY Salurkan Ribuan Paket Ramadan ke Honorer hingga MarbotPendistribusian Program Ramadhan Baznas DIY di Bangsal Wiyatapraja, Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (18/3/2024). (Dok. Istimewa)

Puji menambahkan, selain paket zakat tersebut, Baznas DIY juga menyalurkan 700 paket bagi fakir miskin, pendistribusian Al Quran bagi para santri di pondok pesantren, serta kegiatan berbagi takjil hidangan berkah Ramadan lebih dari 250 paket yang dibagikan langsung pada masyarakat umum dan panti asuhan. Selanjutnya, dilakukan pula pembagian beras fitrah sebanyak 12 ton yang akan disalurkan bertahap hingga jelang Idul Fitri.

“Melalui program Ramadan dan kemanusiaan ini, kami ingin menyampaikan wujud kepedulian melalui tindakan nyata kepada sesama kita yang membutuhkan bantuan. Dan kami juga terus membangun sinergi yang kuat dengan berbagi pihak, baik pemerintah maupun swasta untuk saling membantu dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Baca Juga: Stabilkan Harga Bahan Pokok, Pemkab Sleman Gelar Semar Mesem Ramadan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya