Comscore Tracker

Ater-ater sebagai Wujud Syukur Pernikahan Kaesang-Erina

Salah satu tradisi Jawa ketika melangsungkan hajatan

Sleman, IDN Times - Sambut pernikahan Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sejumlah warga di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, mengantarkan 'ater-ater', Kamis (8/12/2022). Pengantaran ater-ater menjadi salah satu tradisi Jawa.

Istri Dukuh Purwosari, Tanti, mengatakan ibu-ibu di Purwosari membuat nasi tasyakuran pada pagi hari ini. "Ibu-ibu tadi membantu bikin nasi tasyakuran pagi tadi," kata Tanti.

1. Ratusan boks dibagikan

Ater-ater sebagai Wujud Syukur Pernikahan Kaesang-ErinaKeluarga Erina Gudono pada prosesi Semaan Al-Qur'an, Kamis (8/12/2022). (IDN Times/Herlambang Jati)

Jumlah boks yang diantarkan ke warga jumlahnya ada ratusan, dan dibagikan ke tetangga dekat. "Jumlahnya ada 110 kardus. Untuk satu RT sini dan sekitar tetangga kanan kiri," ujar Tanti.

Dikatakannya masakan yang diantar ke warga ini sudah dilakukan sejak kemarin. Sehingga hari ini tinggal mengantarkan ke warga.

Baca Juga: Kelompok Hadroh Janka Dausat Bangga Terlibat Nikahan Kaesang

2. Ungkapan syukur

Ater-ater sebagai Wujud Syukur Pernikahan Kaesang-ErinaWarga di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, mengantarkan 'ater-ater', kepada tetangga sekitar kediaman Erina Gudono, Kamis (8/12/2022). (IDN Times/Herlambang Jati)

Ater-ater yang juga bagian tradisi Jawa ini merupakan wujud rasa syukur atas hari bahagia ini. "Wujud ungkapan syukur keluarga ater-ater ini," kata Tanti.

Isi dalam boks tersebut nasi, sambel goreng kentang krecek, ayam goreng, bakmie goreng, telur rebus dan kerupuk. "Kita mengelola seperti ini karena mengikuti tradisi kampung sini. Yang punya hajat luar biasa," ujarnya.

3. Acara semaan dan pengajian

Ater-ater sebagai Wujud Syukur Pernikahan Kaesang-ErinaOwner Wedding Organizer Pengantin Production, Dani Wigung. (IDN Times/Herlambang Jati)

Pada hari yang sama, Owner Wedding Organizer Pengantin Production, Dani Wigung, menjelaskan hari ini agenda doa dengan acara semaan pada pukul 12.00 WIB dan dilanjut nanti untuk agenda acara pengajian.

Dani menyebut jumlah orang yang akan mengikuti semaan yaitu 30 orang saja, dan menjadi agenda intern keluarga. Kemudian pengajian jumlah tamu juga tidak banyak.

"Hanya keluarga besar, kerabat dekat, berikut tetangga sekitar 100 orang, tidak ada dine in untuk acara di tempatnya mbak Erina," ujar Dani.

Baca Juga: Semaan dan Pengajian Kaesang-Erina Digelar Terbatas

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya