Anies Baswedan Berencana Bangun Jogja Kancah Baur Budaya

Sebut tidak hanya infrastruktur yang difoto 5 tahun sebelum

Yogyakarta, IDN Times - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, berencana akan membangun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai Jogja Kancah Baur Budaya. Investasi di bidang budaya dinilai menjadi hal yang penting, tidak melulu harus infrastruktur.

"Jogja Kancah Baur Budaya, tempat melting pot kebudayaan Indonesia," ungkal Anies saat agenda Desak Anies di Rocket Convention Hall, Sidomoyo, Godean, Selasa (23/1/2024).

1. Tidak hanya membangun infrastruktur

Anies Baswedan Berencana Bangun Jogja Kancah Baur BudayaCalon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan hadir dalam agenda 'Desak Anies' di Rocket Convention Hall, Sidomoyo, Godean, Selasa (23/1/2024). (IDNTimes?Herlambang Jati)

Anies mencontohkan saat ini budaya KPop menjamur di seluruh dunia. Hal tersebut dinilai tidak instan, budaya KPop yang terkenal saat ini buah investasi besar-besaran Pemerintah Korea Selatan pada bidang kebudayaan dan kesenian tahun 1980-an akhir hingga 1990-an awal.

"Manfaatnya 20 tahun kemudian. Pemerintah sudah harus memikirkan budaya, bukan hanya infrastruktur yang bisa difoto 5 tahun sebelum Pilpres, tapi yang dibangun untuk membangun kebudayaan kita di masa jangka panjang," kata Anies.

2. Pengembangan perfilman dari Jogja

Anies Baswedan Berencana Bangun Jogja Kancah Baur BudayaCalon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan hadir dalam agenda 'Desak Anies' di Rocket Convention Hall, Sidomoyo, Godean, Selasa (23/1/2024). (IDNTimes?Herlambang Jati)

Anies menyebut untuk membangun Jogja Kancah Baur Budaya akan dibangun Pusat Sinema Jogja, sehingga ada pengembangan sinematografi di Jogja. Jogja dinilai memiliki potensi besar dalam perfilman, ada tempat pendidikan yang mendukung.

"InsyaAllah akan jadi salah satu ekosistem yang menumbuhkan perfilman di Indonesia. Kenapa film jadi perhatian, film memiliki kekuatan pembentuk persepsi kolektif kita. Film memiliki kemampuan memantik imajinasi kita," kata Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Lokasi Sempat Dipindah, Ribuan Anak Muda Padati Kampanye Anies

3. Penanganan sampah hingga kebebasan berbicara di kampus

Anies Baswedan Berencana Bangun Jogja Kancah Baur BudayaCalon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan hadir dalam agenda 'Desak Anies' di Rocket Convention Hall, Sidomoyo, Godean, Selasa (23/1/2024). (IDN Times/Herlambang Jati)

Selain itu dalam Jogja Kancah Baur Budaya ini Anies juga akan membangun ruang terbuka hijau di kawasan Jogja, meneruskan pembangunan transportasi umum dengan Translingko Jogja. Kemudian berencana mengatasi permasalahan sampah di Jogja dengan pengelolaan sampah terpadu.

Tidak hanya itu, Anies berencana mengakselerasi pembangunan di kawasan selatan DIY. "Tidak kalah penting kampus-kampus dikembalikan kebebesan berbicaranya. Tidak kalah penting ruang ekspresi kesenian dan olahraga," ungkap Mantan Menteri Pendidikan itu.

Baca Juga: Kampanye di Bantul Anies Ingatkan Indonesia Jangan Dikuasai 1 Keluarga

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya