AMIKOM Yogyakarta Kerja Sama dengan Perusahaan dari India, RISE   

B20 forum investasi diharap bisa pulihkan ekonomi nasional 

Yogyakarta, IDN Times – Kamar Dagang dan Industri Daerah Istimewa Yogyakarta (Kadin DIY) dalam perhelatan B20 Summit Indonesia 2022, di Bali mendorong AMIKOM Yogyakarta menjadi satu-satunya kampus yang melakukan penandatanganan MoU dalam agenda B20 Investment Forum, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Jumat (11/11/2022).

AMIKOM Yogyakarta melakukan penandatanganan MoU dengan Perusahaan Education Technology dari India, RISE. 

1. Peluang investasi muncul

AMIKOM Yogyakarta Kerja Sama dengan Perusahaan dari India, RISE   Ketua Penyelenggara B20, Shinta W Kamdani (IDN Times/Umi Kalsum)

MoU antara Universitas Amikom Yogyakarta dengan RISE ditandatangani oleh Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta, Prof. Suyanto, dan CEO – RISE, Gaurav Bhatia. Kerja sama ini merupakan salah satu dari puluhan hubungan antara perusahaan nasional dan internasional yang dibuat dalam B-20 Investment Forum. 

Ketua B20 Indonesia Shinta W. Kamdani berharap forum investasi ini bisa memulihkan ekonomi nasional pasca pandemik Covid-19. Total nilai investasi yang diharapkan tercapai melalui forum internasional ini sekitar $US 5 miliar atau Rp75 triliun.

2. Menentukan prioritas peluang investasi

AMIKOM Yogyakarta Kerja Sama dengan Perusahaan dari India, RISE   Komite Tetap Pembinaan dan Pengembangan Kesekretariatan Kadin DIY, Tim Apriyanto. (IDN Times/Herlambang Jati)

Dalam pertemuan yang dilakukan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Senin (17/10/2022), tim Kadin DIY melakukan seleksi awal prioritas peluang investasi untuk diajukan dalam pertemuan Internasional di Bali. Persiapan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan pada Selasa (18/10/2022).

“Kadin DIY mengirimkan tiga delegasi penuh ke B20 Summit Indonesia 2022 yaitu Wawan Harmawan, Hermawan Ardiyanto, dan saya (Tim Apriyanto) serta Prof. Suyanto,” jelas Perwakilan Kadin DIY, Tim Apriyanto. 

3. Rangkaian event B20 Summit

AMIKOM Yogyakarta Kerja Sama dengan Perusahaan dari India, RISE   Berbagai program yang diusung B20 (Dok. B20)

Sebagai informasi, diskusi panel B20 Investment Forum dalam Special Stage Ministry of Tourism and Creative Economy Indonesia, diadakan tanggal 11 November 2022 di Room Kintamani 7 BNDCC. Dalam kesempatan ini, Suyanto menyampaikan presentasi dengan tema ‘Going Forward: The Animated Film as A New Economic Driver’ di B20 Investment Forum. 

Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian side event dari B20 Summit yang diadakan pada Minggu (13/11/2022) – Senin (14/11/2022) di lokasi yang sama. Dalam kesempatan tersebut selain B20 Investment Forum juga diselenggarakan pertemuan paralel Indonesia Net Zero Summit.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya