Akar Rumput Dukung Ganjar, PPP Bakal Umumkan Pilihan Partai  

Pembicaran KIB belum mengerucut ke caprer dan cawapres 

Sleman, IDN Times - Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono menyebut arah dukungan akar rumput PPP adalah untuk Ganjar Pranowo yang diusung PDIP sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) dalam Pilpres 2024 mendatang. Saat ini Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disebutnya masih solid.

"PPP sampai saat ini masih dikoalisi KIB dengan Golkar dan PAN. InsyaAllah KIB masih tetap solid, tapi di internal partai masing-masing tentu kita tidak mencampuri," ujar Mardiono saat Open House di kediamannya di Harjobinangun, Pakem, Senin (24/4/2023).

 

1. Keputusan akhir diserahkan internal partai

Akar Rumput Dukung Ganjar, PPP Bakal Umumkan Pilihan Partai  Ilustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Mardiono menjelaskan PPP selalu mendiskusikan persoalan kebangsaan dengan KIB. Namun, memang pembicaran belum mengerucut ke arah calon presiden maupun cawapres.

"Memang belum merangkum bakal para capres dan cawapres. Ya tentu masih terikat dalam koalisi itu, tetapi untuk keputusan internal ada di masing-masing partai," ungkap Mardiono.

2. Perlu negosiasi jika berbeda pilihan

Akar Rumput Dukung Ganjar, PPP Bakal Umumkan Pilihan Partai  Pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (6/11/2022)/Istimewa

Jika nantinya ada satu nama yang sama untuk diusulkan menjadi capres maupun cawapres, menurutnya patut disyukuri. Namun jika berbeda, dikatakan Mardiono perlu negosiasi.

"Nanti di meja bundar dari ketiga partai itu pilihannya sama ya Alhamdulillah, tapi kalau ada beda ya tentu itu butuh negosiasi-negosiasi politik yang kuat. Jadi InsyaAllah KIB masih tetap solid," ujar Mardiono.

Baca Juga: Plt Ketum PPP Klaim Akar Rumput Partai Dukung Ganjar Pranowo

3. Akan mengumumkan secepatnya

Akar Rumput Dukung Ganjar, PPP Bakal Umumkan Pilihan Partai  Plt Ketua Umum PPP, Mardiono ketika menghadiri silaturahmi akbar PPP di Yogyakarta pada Minggu, 8 Januari 2023. (www.instagram.com/@muhammad.mardiono)

Mardiono menyebut untuk target munculnya rekomendasi nama calon, akan diumumkan secepatnya. "Kalau PPP harus secepatnya, karena saya sudah didesak oleh seluruh elemen grassroot kami dari wilayah cabang, tokoh-tokoh, ayo segera," kata dia.

Dikatakan Mardiono dengan pengumuman yang lebih cepat, bisa memberi kepastian kepada rakyat menentukan pilihannya. "Berdasarkan konstitusi memang partai diberi amanah untuk menggodok kawah candradimukanya untuk mengumpulkan para tokoh bangsa, untuk nanti ditawarkan kepada rakyat," ujarnya.

Baca Juga: PPP Tunggu Keputusan Sandiaga Uno untuk Bergabung

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya