AHY Bicara Peningkatan Kualitas SDM di STPN Yogyakarta

Banyak tantangan di bidang pertanahan

Intinya Sih...

  • Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) isi kuliah umum di STPN Yogyakarta, menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM.
  • ATR/BPN ingin serius menata sumber daya manusianya agar mampu berdaya saing dan unggul di bidang pertanahan dan tata ruang.
  • AHY berharap generasi muda memiliki ketrampilan yang relevan dengan tantangan zaman serta penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sleman, IDN Times - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengisi kuliah umum di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta, Kamis (25/4/2024). AHY menekankan pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Kuliah umum ini mengusung tajuk 'Membangun Kepemimpinan dan Sumber Daya Manusia ATR/BPN yang Unggul Menuju Indonesia Emas 2045'. "Bagaimana kita bisa membangun sumber daya manusia yang unggul. Bukan hanya ATR BPN, tapi juga sebagai bangsa," kata AHY.

1. Banyak masalah di bidang pertanahan

AHY Bicara Peningkatan Kualitas SDM di STPN YogyakartaMenteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY menyebut ATR/BPN ingin serius menata sumber daya manusianya semakin mampu berdaya saing, dan semakin unggul. Menurutnya tugas-tugas di bidang pertanahan, dan tata ruang tidak ringan.

"Kompleks, banyak masalahnya. Kita berharap kalau SDM-nya unggul, maka tugas-tugas Kementerian ATR/BPN semakin dicapai dengan baik," ungkap AHY.

2. Dorong generasi muda miliki ketrampilan yang relevan

AHY Bicara Peningkatan Kualitas SDM di STPN YogyakartaMenteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

AHY berharap pada generasi muda ini semakin bisa memiliki ketrampilan yang relevan dengan tantangan dan tuntutan zaman. Penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi sangat penting menurutnya.

"Tadi saya cek misal alat pengukuran itu juga terus berkembang dari sangat sederhana, manual, sampai dengan lebih modern, paling canggih. Alat teknologi mapping, survei. Saya lihat ada beberapa jenis drone, dari paling sederhana sampai terkini, artinya memang di samping terus membangun karakter SDM yang unggul, kita juga harus semakin gencar untuk menguasai keterampilan, termasuk juga penguasaan terhadap teknologi terkini. Itu penting agar kita tidak ketinggalan, tidak usang," ujar AHY.

Baca Juga: KPU DIY Taruh Perhatian Soal Bansos Jelang Pilkada 2024

3. Harap bisa lahirkan generasi yang selesaikan masalah

AHY Bicara Peningkatan Kualitas SDM di STPN YogyakartaMenteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

AHY berharap STPN turut mempersiapkan dengan baik SDM di bidang pertanahan. Sehingga pada saat mereka lulus bisa diserap secara langsung, dan diberdayakan.

"Sekali lagi banyak sekali kebutuhan kita di lapangan. Termasuk ketika menyelesaikan sengketa-sengketa tanah. Saya berharap STPN bisa memiliki kualitas semakin baik ke depan," ungkap AHY.

Baca Juga: Generasi Muda Makin Memilih Pembelajaran secara Daring

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya