17 Program Padat Karya di Sleman Diselesaikan, Mudahkan Akses Warga  

Padat karya buka peluang ekonomi warga

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman merampungkan 17  program karya. Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman, Sutiasih dalam laporannya menyampaikan bahwa program padat karya ini merupakan program pemberdayaan masyarakat Kalurahan dalam pembangunan di wilayahnya. 

Untuk pelaksanaan padat karya di wilayah Minggir dilakukan di lima lokasi yaitu Dusun Daratan I, Kalurahan Sendangarum berupa talud irigasi, Dusun Kedungprahu, Kalurahan Sendangrejo berupa talud jalan, Dusun Sutan, Kalurahan Sendangsari berupa talud jalan, Dusun Dagen, Kalurahan Sumberrahayu berupa talud jalan. Program Dusun Berakan, Kalurahan Sumberrahayu berupa pembangunan talud irigasi. 

"Pada tahun ini (2023) Pemkab Sleman menganggarkan padat karya 17 lokasi di 17 Kapanewon. Salah satunya di Kapanewon Minggir yang dipusatkan di Kalurahan Sendangarum," jelasnya, Minggu (29/10/2023).

1. Komitmen Kabupaten Sleman mudahkan akses bagi warga

17 Program Padat Karya di Sleman Diselesaikan, Mudahkan Akses Warga  Peresmian padat karya di Kapanewon Minggir. (Dok. Istimewa)

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan bahwa pelaksanaan program padat karya merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman memberikan kemudahan akses bagi masyarakat, meningkatkan produktivitas, serta menumbuhkan konektivitas antar wilayah melalui pembangunan infrastruktur. 

2. Padat karya buka peluang usaha

17 Program Padat Karya di Sleman Diselesaikan, Mudahkan Akses Warga  Program padat karya dari aspirasi anggota DPRD Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Selain memberi kemudahan akses, Kustini menilai pelaksanaan padat karya ini juga menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pelibatan masyarakat secara langsung, membuka lapangan kerja masyarakat di tingkat Kalurahan. 

"Melalui Padat Karya Produktif ini diharapkan dapat membuka peluang usaha masyarakat, sehingga mampu mengurangi pengangguran yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya. 

Baca Juga: PSS Kalah Telak dari Persib, Pelatih: Saya yang Bertanggung Jawab

3. Sarana prasarana yang terbangun mesti dijaga

17 Program Padat Karya di Sleman Diselesaikan, Mudahkan Akses Warga  Peresmian padat karya di Kapanewon Minggir. (Dok. Istimewa)

Kustini juga berpesan agar warga untuk bersama-sama menjaga dan memelihara sarana prasarana yang telah dibangun dalam prograk padat karya. Sehingga manfaatnya akan terus dirasakan oleh masyarakat. 

Baca Juga: Persiapan Pemilu Dimulai, KPU Sleman Terima 13 Ribu Bilik Suara  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya