1 Orang Meninggal, 9 Luka, 106 Rumah Rusak Imbas Gempa Jogja

Langkah-langkah lanjutan dilakukan BPBD DIY

Yogyakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (BPBD DIY) mencatat korban meninggal dan luka dampak gempa bumi di DIY, Jumat (30/6/2023) malam. Selain itu, ratusan unit bangunan juga mengalami kerusakan akibat gempa bermagnitudo 6,0 itu.

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY, Wahyu Pristiawan Buntoro, menyebut berdasar data terakhir Sabtu (1/7/2023) pukul 02.30 WIB, terdapat korban meninggal dunia dan luka. "Satu orang meninggal dunia, dan 5 korban luka di Bantul. Gunungkidul 2 orang luka, Sleman 1 orang luka, Kulon Progo 1 orang luka. Penyintas 5 KK di Kuwon Kidul, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul," ujar Pristiawan.

1. Unit bangunan dan fasilitas yang terdampak

1 Orang Meninggal, 9 Luka, 106 Rumah Rusak Imbas Gempa JogjaIlustrasi gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Untuk bangunan dan fasilitas lain yang terdampak di DIY 137 unit. Terdiri dari rumah rusak sebanyak 106 unit, dengan rincian 102 unit rusak ringan dan 4 unit rusak sedang. Fasilitas perkantoran 12 unit, 11 unit di antaranya rusak ringan dan 1 unit rusak sedang.

Selain itu, fasilitas ibadah 5 unit rusak ringan. Fasilitas usaha 3 unit rusak ringan. Fasilitas pendidikan 2 unit rusak ringan. Fasilitas kesehatan 2 unit rusak ringan. Kandang ternak 3 unit, dengan rincian 1 unit rusak ringan, 1 unit rusak sedang dan 1 unit rusak berat. Jaringan listrik 1 unit rusak ringan. Tiang listrik 1 unit rusak ringan, dan trafo listrik 2 unit rusak ringan.

2. Langkah penanganan para korban

1 Orang Meninggal, 9 Luka, 106 Rumah Rusak Imbas Gempa JogjaIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejumlah langkah diambil BPBD DIY, mulai dari penanganan korban terdampak, mendirikan tenda penyintas, mendorong logistik permakanan. Selain itu, melakukan kaji cepat dampak dan kebutuhan.

"Rencana tindak lanjut melakukan kerja bakti warga. Melakukan kaji detail, dan melakukan koordinasi penanganan dengan pemangku kepentingan," kata Pristiawan.

3. Masyarakat diimbau tetap tenang

1 Orang Meninggal, 9 Luka, 106 Rumah Rusak Imbas Gempa JogjaKomandan TRC BPBD DIY Wahyu Pristiawan. IDN Times/Pito Agustin Rudiana

Pristiawan juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," kata dia.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya