1.230 Peserta Gabung di Jogja International Heritage Walk 

Bakal digelar di kompleks Candi Prambanan dan Desa Pancoh

Sleman, IDN Times - Event wisata olah raga jalan kaki bergengsi bertajuk Jogja International Heritage Walk (JIHW) bakal digelar di kompleks Candi Prambanan dan Desa Wisata Pancoh, Turi, Sabtu (18/11/2023) dan Minggu (19/11/2023) mulai pukul 06.00 WIB. 

Event yang berlangsung 12 kali tersebut, diselenggarakan oleh Jogja Walking Association. Acara ini terdapat tiga kategori yaitu 5K, 10K dan 20K.

"Di hari pertama dengan start dan finish di Lapangan Garuda Kompleks Candi Prambanan untuk rute perjalanan di kawasan Kapanewon Prambanan dan Kapanewon Kalasan. Sedangkan hari kedua dengan start dan finish di Desa Wisata Pancoh untuk rute perjalanan dikawasan Kapanewon Turi dan Pakem," terang Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, Jumat (17/11/2023). 

1. Jadi wahana promosi wisata yang efektif

1.230 Peserta Gabung di Jogja International Heritage Walk JIHW. (Dok. Istimewa)

Ishadi Zayid memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaran acara, mengingat event ini dapat menjadi wahana promosi wisata yang efektif.

"Seluruh peserta dapat secara langsung mengikuti event tersebut sekaligus menikmati potensi alam, budaya serta dinamika tradisi masyarakat setempat seperti apa adanya tanpa ada polesan. Diharapkan event ini semakin besar dan lebih banyak pesertanya dari tahun sebelumnya," kata Ishadi. 

2. Mencakup kesehatan, hingga bangun kesadaran lingkungan

1.230 Peserta Gabung di Jogja International Heritage Walk JIHW. (Dok. Istimewa)

Wakil Ketua JIHW, Dahlia Puspasari mengatakan kesiapan penyelenggaraan JIHW #12 tahun 2023 telah mencapai 95 persen.

Dijelaskan Dahlia, JIHW diikuti oleh komunitas pencinta jalan kaki, komunitas pencinta lingkungan, Pramuka Saka Bhayangkara, Yayasan Jantung Indonesia, serta volunteer dari berbagai universitas yang ada di Yogyakarta.

"Konsep yang diusung tidak hanya mencakup kesehatan, tetapi juga meliputi unsur pendidikan dan komunikasi, gerakan sadar lingkungan melalui kampanye 'save the nature' mengenal lebih dekat nilai warisan budaya melalui ajakan respect the culture, serta unsur ekonomi dan pariwisata," terangnya. 

Baca Juga: Candi Prambanan Hadirkan Pertunjukan Baru Cerita Shinta Obong

3. Ribuan peserta ikut ambil bagian

1.230 Peserta Gabung di Jogja International Heritage Walk JIHW. (Dok. Istimewa)

Tema yang diambil JIHW tahun ini adalah green sport tourism dengan konsep The Seeds yang memberikan pengalaman back to basic kepada para peserta. JIHW ingin memperkenalkan jalan kaki sebagai basic, easy yet joyful sport in nature sembari memberikan edukasi dasar mengenai lingkungan dan kegiatan ramah lingkungan. Adapun peserta yang mengikuti event Jogja International Heritage Walk #12 tahun 2023 ini berjumlah 1.230 peserta, 116 di antaranya peserta asing yang berasal dari 14 negara.

JIHW merupakan satu-satunya event internasional jalan kaki yang memiliki dua lisensi internasional dari dua liga jalan kaki dunia yang ada saat ini. Event ini resmi dikukuhkan sebagai anggota Liga Jalan Kaki Dunia atau IML (International Marching League) pada tahun 2013 bersama 28 negara lainnya. 

Baca Juga: 5 Komunitas Tur Jalan Kaki di Jogja, Cara Seru Tambah Ilmu

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya