Wisatawan ke Gunungkidul saat Libur Nataru Sumbang PAD Rp1,1 Miliar

Pantai jadi objek wisata favorit

Gunungkidul, IDN Times - Jumlah kunjungan wisatawan selama libur Tahun Baru 2024 dari 30 Desember sampai 1 Januari 2024 di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 135.054 orang.

Sub. Koordinator Objek dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Gunungkidul Aris Sugiantoro menjelaskan kunjungan wisatawan itu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata sebanyak Rp1,157 miliar

"Selama libur Tahun Baru 2024, menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata sebanyak Rp1,157 miliar,' kata Aris Sugiantoro di Gunungkidul, dikutip Antara, Rabu (3/1/2023). 

 

1. Kunjungan wisatawan pada 1 Januari di luar proyeksi

Wisatawan ke Gunungkidul saat Libur Nataru Sumbang PAD Rp1,1 MiliarIlustrasi wisatawan yang berkunjung di salah satu pantai di Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Menurut Aris Sugiantoro, khusus jumlah kunjungan wisatawan pada 1 Januari 2024 sebanyak 42.803 orang dengan pendapatan retribusi Rp460,68 juta.

"Kunjungan wisatawan 1 Januari cukup tinggi, di luar proyeksi," ujarnya.

Aris menambahkan total kunjungan wisatawan selama Libur Natal dan Tahun Baru 2024 dari 23-31 Desember 2023 sebanyak 311.065 pengunjung dengan pendapatan retribusi sebesar Rp2,96 miliar.

"Target tercapai. Mayoritas kunjungan wisatawan ke pantai, yakni 95 persen," katanya.

 

2. Kawasan pantai paling banyak dipilih wisatawan

Wisatawan ke Gunungkidul saat Libur Nataru Sumbang PAD Rp1,1 MiliarPantai Kukup Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Aris menambahkan kunjungan paling banyak ke kawasan pantai selatan. Selain menikmati wisata alam, kata Aris Sugiantoro, wisatawan juga mengunjungi kawasan wisata buatan yang ada di pinggir pantai.

Kunjungan wisatawan ke tempat wisata yang dikelola oleh masyarakat dan kelompok sadar wisata sedikit tidak ada kebaikan dan cenderung turun. Hal ini dikarenakan pantai masih menjadi magnet utama bagi wisatawan.

"Sebagian besar kunjungan masih seputar kawasan pantai," ujarnya.

 

Baca Juga: Target Terlampaui Gunungkidul Kebanjiran Wisatawan 

3. SAR kerahkan seluruh personel

Wisatawan ke Gunungkidul saat Libur Nataru Sumbang PAD Rp1,1 MiliarPersonel tim SAR, relawan potensi SAR dan Polairut saat mengevakuasi jenazah Altaf. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Sementara itu, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron Marjono mengatakan kunjungan wisatawan libur Natal dan tahun baru di wilayah pantai Selatan Gunungkidul meningkat. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, SRI II menyiapkan seluruh personel untuk bersiaga.

"Seluruh personel kita siagakan," ungkap Marjono.

Baca Juga: Gua Jomblang Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket dan Tips

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya