Wisata Pantai Jadi Tempat Favorit Wisatawan Selama Libur di Jogja     

Wisatawan ke pantai makin banyak, puncak kedatangan Sabtu  

Gunungkidul, IDN Times - Ribuan wisatawan memadati wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul, Bantul dan kulon Progo. Di Gunungkidul, Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal menjadi lokasi wisata yang paling banyak diserbu wisatawan yang datang dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul Mohammad Arif Aldian mengatakan jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat. Pada H+1 Lebaran sebanyak 5.138 orang, H+2 Lebaran sebanyak 21.736 orang, dan hari ini diproyeksikan lebih dari 25 ribu orang.

"Kami proyeksikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul hari ini lebih dari 25 ribu orang. Hal ini mengingat kendaraan wisatawan sudah memadati objek wisata sejak pagi," kata Mohammad Arif Aldian, Rabu (4/5/2022). 

 

 

 

 

1. Pantai Parangtritis jadi daya tarik terbesar di Bantul

Wisata Pantai Jadi Tempat Favorit Wisatawan Selama Libur di Jogja     bob.kemenpar.go.id

Sementara di Bantul, Pantai Parangtritis paling banyak dikunjungi. Kepala Seksi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan dari 33 ribuan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata di Bumi Projotamansari, masih didominasi kunjungan ke objek wisata pantai khususnya Pantai Parangtritis disusul Pantai Baru dan Pantai Goa Cemara.

"Pantai Parangtritis sendiri jumlah pengunjungnya mencapai 24.170 wisatawan," ucapnya.

2. Wisatawan dari luar kota padati Pantai Glagah

Wisata Pantai Jadi Tempat Favorit Wisatawan Selama Libur di Jogja     Pantai Glagah (instagram.com/visitkulonprogo)

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Glagah Agus Subiyanto mengatakan kebijakan relaksasi memperbolehkan masyarakat mudik membawa dampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke Kulon Progo, khususnya Pantai Glagah.

"Hari ini sampai 14.00 WIB, ada 10.306 wisatawan. Kami proyeksikan kunjungan wisatawan sampai 15 ribu wisatawan sampai sore ini. Paling banyak wisatawan luar daerah, kalau lokal dari Kulon Progo dan DIY, sangat sedikit," kata Agus.

 

 

Baca Juga: Pantai Glagah Yogyakarta: Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Berlibur

3. Sabtu besok, 18 ribu orang diprediksi berwisata di Pantai Glagah

Wisata Pantai Jadi Tempat Favorit Wisatawan Selama Libur di Jogja     Pantai Glagah (instagram.com/kangbejo__)

Kunjungan wisatawan ke Pantai Glagah terus meningkat setiap harinya. Saat H+1 Lebaran sebanyak 2.600 wisatawan dan H+2 terdapat sekitar 11 ribu wisatawan.

"Kami prediksi puncak kunjungan ke Pantai Glagah pada Sabtu (7/5/2022) nanti dengan kunjungan sekitar 18 ribu orang," katanya dikutip Antara. 

Agus mengatakan di Pantai Glagah banyak titik-titik tempat foto dan menikmati pantai, yakni Laguna, pemecah ombak dan muara Sungai Serang. "Wisatawan luar daerah bisanya langsung ke pemecah ombak dan gardu pandang arah Bandara YIA," katanya.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya