Warganet Protes Rencana Larangan Underpass Kentungan Bagi Roda Dua

Warganet curhat di Instagram Satlantas Polres Sleman

Sleman, IDN Times - Satlantas Polresta Sleman bakal melakukan uji coba larangan sepeda motor melalui jalur underpass Kentungan dan Jombor. Uji coba bakal dilakukan selama delapan hari, mulai besok Senin (14/8/2023) hingga Senin (21/8/2023). 

1. Uji coba untuk menekan fatalitas kecelakaan lalu lintas

Warganet Protes Rencana Larangan Underpass Kentungan Bagi Roda DuaIlustrasi kecelakaan motor. (IDN Times/Sukma Shakti)

Pengumuman tersebut diunggah melalui akun resmi Satlantas Polres Sleman @satlantas_sleman pada Sabtu (13/8/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk menekan kejadian kecelakaan lalu lintas.

Berdasarkan anev Forum Lalu Lintas terkait upaya penanggulangan terjadinya lakalantas di Underpass Kentungan dan Underpass Jombor Jl. Padjajaran Ringroad Utara Sleman Yogyakarta.

Akan dilaksanakan Uji Coba Rencana Larangan Sepeda Motor melewati Underpass Kentungan dan Underpass Jombor pada tanggal 14 - 21 Agustus 2023.

 

Baca Juga: Akhirnya, PSS Raih Kemenangan 3 -1 Lawan Bhayangkara di Maguwoharjo

2. Warganet curhat masalah underpass

Rencana larangan tersebut mendapat ratusan komentar dari warganet. Sebagian besar di antaranya menolak rencana tersebut. Warganet menyatakan larangan tersebut tidak akan menyelesaikan masalah kecelakaan lalu lintas di underpass.

Komentar di antaranya diunggah oleh akun @nfl ***, yang menuliskan dua masalah di underpass, yaitu penerangan yang kurang serta jalur lambat yang sering digunakan oleh mobil.

Percuma akar masalah gak dibenerin tp efek samping masalah yg di benerin. Masalah utama menurut saya ada 2. 1 lampu penerangan terkhusus bawah underpass emang buruk buat kendaraan apalagi motor. Itu kalau gak dibenerin tapi malah dilarang ya percuma juga karena masalah ke 2. Jalur lambat jarang diatur sama polisi buat yg mau ambil kiri malah pada berhenti tu mobil2. Makanya sering macet panjang, p4an monjali, p4an underpass, p4an semua ringroad akeh mobil ambil jalur lambat jebul meh lurus. Selama akar masalah gak dibenerin, efek menjalar bakal kemana2

Hal yang sama juga disampaikan oleh akun @indra_ ***. Tak hanya uji coba larangan roda dua, warganet juga meminta polisi melakukan uji coba semua lampu dinyalakan di seluruh bagian underpass, agar tidak gelap.  

Ditunggu uji coba penerangan full siang malam di smw underpass jogja ndan.. Kl ini spt nya terkait bidang sarpras lalin darat kudu bareng @dishubdiy

 

3. Warganet meminta rencana tersebut ditinjau ulang

Warganet Protes Rencana Larangan Underpass Kentungan Bagi Roda DuaUji coba penutupan sementara Underpass Kentungan. Dok: istimewa

Akun @Djaka *** meminta polisi untuk meninjau ulang uji coba tersebut. Menurutnya underpass Kentungan dan Jombor, sangat membantu pengguna jalan, pengendara roda dua untuk menghindari kemacetan.    

Mohon ditinjau ulang @polrestasleman @poldajogja, saya sebagai pengguna R2 sangat terbantu dengan adanya underpas tersebut terutama terutama di jam padat, pagi dan sore hari apalagi di hati libur, tp untuk R4 yg masuk kejalur lambat notabene bukan untuk tujuan tertentu tp malah untuk menghindari kemacetan alhasil R2 ikutan terhambat jalannya saat saya menggunakan jalur lambat, mohon ditinjau kembali, dah mohon juga untuk R4y yang masuk jalur lambat ditindak agar saya pengguna R2 juga punya hak dan keselamatan saya dan keluarga.. terimakasih

Baca Juga: Subkontraktor Tagih Pelunasan Proyek Underpass Kentungan Rp30 Miliar 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya