[UPDATE] Waduh, Jumlah Kasus Positif Ponpes Sleman Naik 32 Kasus 

Total positif COVID-19 di DIY menjadi 3.029 kasus

Kota Yogyakarta, IDN Times - Kasus positif COVID-19 di pondok pesantren di Kabupaten Sleman kembali naik. Berdasarkan hasil tracing 32 kasus baru diketahui  bertambah hari ini. 

"Iya, berdasarkan hasil tracing Kasus 2982 sampai dengan 3013, sebanyak 32 kasus hasil tracing pendidikan Ponpes di Sleman,” terang Juru Bicara Pemda DIY Penanggulangan COVID-19, Berty Murtiningsih, Sabtu (10/10/2020). 

 

1. Kasus COVID di DIY

[UPDATE] Waduh, Jumlah Kasus Positif Ponpes Sleman Naik 32 Kasus Ilustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Hasil pemeriksaan laboratorium dan terkonfirmasi positif pada hari ini, terdapat tambahan 69 kasus positif, sehingga total jumlah positif COVID-19 di DIY menjadi 3.029 kasus. 

Hasil tersebut berdasarkan jumlah sampel yang diperiksa tanggal 10 Oktober 2020 sebanyak 607 sampel dari pemeriksaan 560 orang. 

 

Baca Juga: Ahli Epidemiologi UGM Khawatir Unjuk Rasa Tambah Jumlah Kasus COVID

2. Tambahan kasus terbanyak dari Sleman

[UPDATE] Waduh, Jumlah Kasus Positif Ponpes Sleman Naik 32 Kasus Ilustrasi COVID-19. Dok. IDN Times

Dari keterangan Berty, distribusi kasus berdasarkan domisili terbanyak berasal dari Sleman sebanyak 49 kasus. Kota Yogyakarta sebanyak 6 kasus, Kabupaten Bantul 5  kasus, dari Kabupaten Kulon Progo sebanyak 1  kasus dan Kabupaten Gunungkidul sebanyak 8 kasus. 

Sedangkan distribusi kasus berdasarkan riwayat dari hasil tracing kontak positif sebanyak 45 kasus, periksa mandiri  terdapat 1 kasus, skrining karyawan terdapat 3 kasus, pelaku perjalanan terdapat 4 kasus dan masih dalam penelusuran sebanyak 16  Kasus 

3. Tambahan jumlah kasus sembuh

[UPDATE] Waduh, Jumlah Kasus Positif Ponpes Sleman Naik 32 Kasus Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Jumlah pasien sembuh COVID-19 hari ini bertambah sebanyak 13 orang, sehingga total kasus sembuh menjadi 2.236 orang. 

Distribusi kasus berdasarkan domisili berasal dari:

1. Kota Yogyakarta sebanyak 5  kasus

2. Kabupaten Bantul sebanyak 1 kasus

3. Kabupaten Kulon Progo sebanyak 5 kasus

4. Kabupaten Sleman sebanyak 2  Kasus

4. Data rtempat tidur rumah sakit rujukan

[UPDATE] Waduh, Jumlah Kasus Positif Ponpes Sleman Naik 32 Kasus Seorang dokter menunggu di dalam bilik pelindung untuk melakukan uji usap infeksi virus corona (COVID-19) terhadap pasien di Pusat Medis Sunway, saat wabah masih terjadi, di Subang Jaya, Malaysia, Kamis (8/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng)

Data penggunaan tempat tidur di rumah sakit rujukan pada Sabtu, 10 Oktober 2020, untuk tempat tidur pasien critical digunakan 23, sedangkan sisanya 25 tempat tidur. Sedangkan tempat tidur untuk pasien non-critical sebanyak 162, sisanya 242 tempat  tidur. 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Terbakar saat Demo, Pemilik Legian Resto Duga Adanya Kesengajaan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya