UGM Raih Posisi Empat Universitas Terbaik di Asia Tenggara

Mahasiswa dan almamater UGM pasti bangga nih!

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat keempat universitas terbaik di Asia Tenggara. Sedangkan untuk kawasan Asia berada di posisi ke-25. Hal ini berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (WUR) Subject 2021 yang dirilis pada 3 Maret 2021.

Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM Prof Indra Wijaya Kusuma melalui keterangan tertulis, Minggu (23/5/2021), terdapat empat kriteria utama yang mendasari pemeringkatan yang dilakukan oleh QS ini, yaitu reputasi akademik, reputasi lulusan, jumlah sitasi publikasi, dan h-index atau tolok ukur produktivitas dan dampak dari hasil publikasi yang diterbitkan dosen dan peneliti.

 

1. Ini penilaian yang dilakukan QS WUR

UGM Raih Posisi Empat Universitas Terbaik di Asia TenggaraDok. Humas UGM

Penilaian terhadap reputasi akademik dan reputasi lulusan, kata Indra, dilakukan melalui survei mitra perguruan tinggi, salah satunya perusahaan yang mempekerjakan mahasiswa lulusan perguruan tinggi.

Selain itu penilaian juga berdasarkan nilai sitasi dan h-index berdasarkan publikasi yang terindeks di pangkalan data scopus. Untuk dapat berpartisipasi dalam pemeringkatan QS perguruan tinggi harus memenuhi paper threshold atau jumlah minimal artikel penelitian yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir, sehingga publikasi menjadi salah satu kriteria yang penting.

Baca Juga: Popularitas Website Antarkan UGM Jadi Kampus Terbaik Versi 4ICU 

2. Ini peringkat fakultas UGM di dunia

UGM Raih Posisi Empat Universitas Terbaik di Asia TenggaraUGM selenggarakan wisuda daring dan luring. Dok: Humas UGM

Pada QS WUR by Subject 2021 ini, UGM masuk ke dalam peringkat 350 besar dunia dalam penilaian untuk tiga bidang studi, yaitu social sciences & management, arts dan humanities, dan engineering dan technology.

"Menempatkan sub-bidang studi Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) pada peringkat pertama di Indonesia sekaligus peringkat keempat terbaik di Asia Tenggara dan peringkat 25 di Asia," terang Indra. 

Di antara ketiga bidang studi tersebut, social sciences & management adalah bidang studi yang terbaik di UGM dengan peringkat 261 di dunia, diikuti dengan engineering & technology peringkat 335, dan arts & humanities peringkat 350.

Dari lima bidang studi dan 38 sub-bidang studi di UGM yang menerima penilaian, pada tahun ini business & management studies dan sociology menjadi sub-bidang studi terbaik di Indonesia, accounting & finance dan economics & econometrics peringkat kedua, dan law peringkat ketiga.

 

 

 

 

3. Tak hanya di tingkat Asia dan Asean, penilaian QS WUR juga dilakukan di seluruh dunia

UGM Raih Posisi Empat Universitas Terbaik di Asia TenggaraUniversitas Gadjah Mada (UGM). Dok: istimewa

Selain itu, QS juga menempatkan UGM pada peringkat kedua di Indonesia untuk sub-bidang studi engineering – chemical, peringkat ketiga untuk computer science dan information systems dan engineering – electrical dan electronic, serta peringkat ke-4 untuk engineering – mechanical, aeronautical dan manufacturing engineering.

Menurut Indra, penilaian QS WUR by Subject dilakukan di berbagai negara di seluruh dunia. Partisipasi dari negara-negara yang maju di dunia akademik, penelitian, dan publikasi, seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Prancis, India, dan Inggris.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik SGPC Bu Wiryo, Nasi Pecel Legendaris Favorit Anak UGM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya