Sleman Targetkan 7 Juta Wisatawan, Siap Gelar 110 Kegiatan

Ada konser musik hingga olahraga

Sleman, IDN Times - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menyiapkan 110 kegiatan "Calendar of Event 2024". Event ini untuk menarik jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten yang terletak paling utara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini. 

 

1. Ini acara yang bakal digelar di Sleman

Sleman Targetkan 7 Juta Wisatawan, Siap Gelar 110 KegiatanSleman Temple Run 2023. (Dok. Istimewa)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan, 110 kegiatan atau acara bakal digelar dalam skala lokal, nasional dan internasional.

"Kegiatan tersebut seperti Tour de Ambarrukmo, Ambarrukmo Volcano Run, UGM Trail Run, Sleman Temple Run, Bedog Art Festival, dan Prambanan Jazz," katanya dikutip Antara, Jumat (5/1/2024). 

2. Pengaruh penentuan target kunjungan wisatawan ke Sleman

Sleman Targetkan 7 Juta Wisatawan, Siap Gelar 110 KegiatanBersepeda di Candi Plaosan, Sleman. IDN Times/Febriana Sinta

Kegiatan yang digelar tahun ini menurutnya, berdasarkan penentuan target kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sleman pada 2024, serta jumlah libur nasional dan cuti bersama tahun 2024, yaitu sebanyak 27 hari yang terdiri dari 17 hari libur nasional dan 10 hari cuti bersama.

"Kemudian adanya rangkaian kegiatan Pemilu selama 2024, yang terdiri dari pemilihan legislator (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) yang kemungkinan besar dua putaran serta pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak," katanya.

Ishadi menambahkan hal ini juga dipengaruhi adanya kemungkinan penurunan daya beli masyarakat, status aktivitas Gunungapi Merapi dan proses pembangunan tol dan operasionalisasi tol Jogja-Solo. 

"Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut di atas, maka Dinas Pariwisata menetapkan target kunjungan pada 2024 yang tidak jauh berbeda dengan target pada 2023, yaitu sebesar 7 juta kunjungan," katanya.

Baca Juga: Jurnalis di Sleman Mengaku Dilarang Liput Proses Pelipatan Surat Suara

3. Target belanja wisatawan nusantara dan mancanegara

Sleman Targetkan 7 Juta Wisatawan, Siap Gelar 110 KegiatanIlustrasi wisatawan mancanegara. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Target untuk besaran belanja wisatawan nusantara, Sleman menargetkan antara Rp1,4 juta hingga Rp1,6 juta. Sedangkan besaran belanja wisatawan mancanegara sebesar US 300 - 350 Dolar.

"Rata-rata length of stay wisatawan nusantara di hotel berbintang dan nonbintang antara 1,75 – 1,90 hari. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara di hotel berbintang dan nonbintang antara 2,10 – 2,25 hari," katanya.

Beberapa upaya untuk mencapai target tersebut dilakukan beberapa strategi seperti promosi pariwisata, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan media online.

"Kerja sama pentahelix yang sudah ada, akan lebih dikuatkan karena pembangunan pariwisata bukan hanya menjadi tugas pemerintah, dalam hal ini Dinas Pariwisata semata, namun seluruh pihak terkait," katanya.
 

Baca Juga: Kejati DIY Selidiki 2 Kasus Dugaan Penyalahgunaan TKD di Sleman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya