Siap-siap ArtJog 2022 Mulai Digelar Bulan Juli, Catat Tanggalnya!     

ArtJog tahun ini ajak anak-anak dan komunitas difabel  

Yogyakarta, IDN Times - Gelaran  pameran seni rupa terbesar di Daerah Istimewa Yogyakara (DIY) Art Jog akan digelar mulai 7 Juli hingga 4 September 2022. 

Mengusung tema Expanding Awareness yang sebanyak 70 artis partisipan akan bergabung di Art Jog yang diselenggarakan di Jogja National Mueum (JNM) secara online. 

 

1. Tahun ini pertama kalinya ArtJog ajak anak-anak dan komunitas difabel dalam pameran

Siap-siap ArtJog 2022 Mulai Digelar Bulan Juli, Catat Tanggalnya!     Jumpa pers ArtJog, Kamis (30/6/2022). Instagram/artjog.id

Tim kurator ArtJog 2022, Agung Hujatnikajennong mengatakan tahun ini akan melibatkan anak-anak dan komunitas difabel untuk terlibat dalam gelaran tahun ini. 

"Baru pertama di tahun ini, semua usia diajak untuk mengikuti sesuai dengan kategorinya. Dari anak - anak, remaja dan komunitas disabiltas," ujar Agung dalan jumpa pers, Kamis (20/6/2022).  

 

2. Sebanyak 14 anak ikut dalam pameran ArtJog

Siap-siap ArtJog 2022 Mulai Digelar Bulan Juli, Catat Tanggalnya!     IDNTimes/Holy Kartika

Keterlibatan anak - anak dan remaja dalam pameran ini dinilai pa dengan agenda inklusif. Bahkan menurut Agung, dari 70 peserta yang bergabung dalam ArtJogj tahun ini terdapat 14 di antaranya adalah anak - anak.

 "Ada 70 partisipan yang ikut dari seluruh Indonesia,  14 di antaranya terpilih dari anak-anak. kami pikir pas untuk melibatkan anak-ana karena bertepatan dengan agenda inklusif," papar Agung. 

 

Baca Juga: 10 Potret ArtJog 2020 yang Estetik Banget, Memanjakan Mata dan Jiwa

Baca Juga: ARTJOG 2020 Bakal Usung Edisi Khusus Resilience di Masa Pandemik

3. Selama masa pandemik, anak-anak terabaikan karena masalah kesehatan

Siap-siap ArtJog 2022 Mulai Digelar Bulan Juli, Catat Tanggalnya!     Jumpa pers ArtJog, Kamis (30/6/2022). Instagram/artjog.id

Alasan untuk melibatkan anak-anak dan komunitas difabel dalam ArtJog tahun ini menurut Program Manager ArtJog, Gading Paksi, lantaran selama pandemik anak-anak terabaikan karena masalah kesehatan. Untuk itu pihaknya ingin melibatkan dalam pameran.

Bahkan beberapa komunitas difabel memberikan masukan mengenai rancangan pelaksanaan pameran. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya