Satgas COVID-19 Kota Yogyakarta Kebut Pemberian Vaksin Booster 

Pemberian vaksin dilakukan hingga tingkat kelurahan  

Yogyakarta, IDN Times - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta kebut pemberian vaksin booster menjelang Lebaran. Tak hanya di rumah sakit dan puskesmas, pelayanan juga dilakukan di wilayah kelurahan dan kecamatan.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi menyatakan pemberian booster ini dilakukan agar warga yang akan melakukan perjalanan mudik tidak terhambat. Hingga saat ini, vaksinasi penguat sudah mencakup 115 persen sumber daya manusia bidang kesehatan, 47 persen masyarakat umum, 58 persen warga lanjut usia, dan 28,9 persen petugas pelayanan publik di Kota Yogyakarta.

"Banyak yang sudah dilakukan di kelurahan dan kecamatan dan antusiasnya cukup tinggi. Misalnya saja di Kecamatan Jetis, dari 400 dosis yang disediakan, semuanya cepat terserap," kata Heroe, Jumat (25/3/2022). 

1. Heroe janji stok vaksin cukup bagi semua warga

Satgas COVID-19 Kota Yogyakarta Kebut Pemberian Vaksin Booster Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Jumlah vaksinasi vaksinasi booster saat ini, ujar Heroe cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Yogyakarta.   

"Jika persediaan di Kota Yogyakarta kurang, maka akan langsung dicukupi dari DIY. Jadi, jumlahnya mencukupi kebutuhan percepatan vaksinasi dosis penguat," kata Heroe diutip Antara. 

 

Baca Juga: Sediakan 1.000 Vaksin, Sentra Vaksinasi Booster di Bantul Sepi   

2. Selain booster, Pemkot Yogyakarta berupaya tuntaskan vaksinasi bagi anak-anak

Satgas COVID-19 Kota Yogyakarta Kebut Pemberian Vaksin Booster ilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain meningkatkan cakupan vaksinasi penguat, Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya menuntaskan pelaksanaan vaksinasi pada anak usia enam sampai 11 tahun guna mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Meskipun cakupan vaksinasi primer dan vaksinasi penguat di Kota Yogyakarta sudah cukup tinggi, Heroe mengingatkan warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Mudah-mudahan kondisinya semakin membaik memasuki Ramadan dan nanti Lebaran," katanya.

3. Booster di Kota Yogyakarta menggunakan Vaksin AstraZeneca

Satgas COVID-19 Kota Yogyakarta Kebut Pemberian Vaksin Booster Vaksin COVID-19 AstraZeneca (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan bahwa stok vaksin COVID-19 yang masih banyak tersedia di Yogyakarta adalah vaksin buatan AstraZeneca dan Sinovac.

"Sinovac hanya digunakan untuk menyelesaikan vaksinasi anak. Sedangkan untuk dosis penguat digunakan jenis vaksin lainnya," katanya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya