Comscore Tracker

Runway Adisucipto Mengelupas, Bandara Ditutup Selama 2,5 jam 

Mahfud MD keluhkan tidak dapat terbang tepat waktu

Kota Yogyakarta, IDN Times- Sebanyak enam penerbangan di Bandara Adisucipto Yogyakarta terganggu. 

General Manajer PT Angkasa Pura 1 Bandara Adisucipto, Agus Pandu Purnama mengatakan gangguan disebabkan pihak bandara melakukan perbaikan landasan yang mengelupas sejak pukul 07.00 WIB.

"Jadi kami baru malam pertama melaksanakan overlay (perawatan). Nah, tadi pagi  ada pengelupasan (landasan, red) sehingga langsung kami closed karena harus kami perbaiki," kata General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama seperti dilansir Antara, Jumat (29/11). 

 

Baca Juga: Angkasa Pura Mulai Buka Seleksi Mitra Usaha Komersial Bandara YIA 

1. Sebanyak 6 penerbangan dialihkan pendaratannya

Runway Adisucipto Mengelupas, Bandara Ditutup Selama 2,5 jam Ilustrasi penerbangan/IDN Times/Sidratul Muntaha

Akibat kerusakan aspal di jalur runway, Pandu menyebutkan ada enam penerbangan yang terganggu dan dialihkan pendaratannya ke bandara lain.

"Yang terdampak memang ada ya sekitar enam pesawat kalau tidak salah, enam pesawat yang divert ke Surabaya dua, ke Solo."

2. Pendinginan aspal runway memakan waktu lama

Runway Adisucipto Mengelupas, Bandara Ditutup Selama 2,5 jam johnholland.com.au

Pandu menyatakan perbaikan landasan yang terkelupas membutuhkan waktu pendinginan yang cukup lama, sehingga penerbangan baru dibuka kembali pada pukul 09.30 WIB.

"Aspal kan butuh pendinginan. Dari tadi jam 7 sudah closed. Jam 9.30 WIB kami buka lagi," kata dia.

3. Cuitan Mahfud MD

Runway Adisucipto Mengelupas, Bandara Ditutup Selama 2,5 jam Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD berkomentar soal deradikalisasi di kalangan millennial (IDN Times/Prayugo Utomo)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD juga mengaku mengalami penundaan penerbangan dari Yogyakarta menuju Jakarta. Melalui cuitannya di Twitter, agenda kuliah umumnya di Universitas Trisakti Jakarta terganggu.

"Kpd teman2 di Univ. Trisakti, agaknya sy akan terlambat tiba utk kuliah umum pd dies ke 56 hr ini. Jam 6 sy sdh duduk di pswt Garuda dr Yogya tp pswt tak bs terbang krn aspal landasan mengelupas dan hrs nunggu selama 2,5 jam. Silakan diatur saja tak harus menunggu sy@Angkasa Pura_2," tulis Mahfud.

4. Cuitan Mahfud MD dibalas dengan permintaan maaf

Runway Adisucipto Mengelupas, Bandara Ditutup Selama 2,5 jam Twitter Angkasa Pura. Twitter / angkasapura172

Melalui akun @angkasapura 172, pihak Angkasa Pura 1 menyatakan permohonan maaf karena ketidaknyaman yang dialami Mahfud MD.  

“Selamat pagi Bpk Mahfud MD, sesuai Notam B590619 pd 19 Nov 2019 dilakukan perbaikan runway di Bandar Udara Adi Sutjipto sampai pikl 09.30, sgh menyebabkan penerbangan Bapak tertunda. Management Angkasa Pura 1 menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yg dialami. Tks-Lili

Baca Juga: Maret 2020, YIA Mulai Operasikan Penerbangan Internasional

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya