Puluhan Ibu Hamil di Kulon Progo Terkena Pos Sifilis 

Januari -Mei 2023 terdapat 8 penderita sifilis 

Kulon Progo, IDN Times - Puluhan ibu hamil di Kulon Progo mengalami pos sifilis. Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, Sri Budi Utami mengatakan pada 2022, jumlah ibu hamil yang diperiksa sebanyak 3.913 jiwa, hasilnya yang mengalami pos sifilis mencapai 69 jiwa atau sekitar dua persen.

1. Januari -Mei 2023 terdapat 8 penderita sifilis

Puluhan Ibu Hamil di Kulon Progo Terkena Pos Sifilis ilustrasi tes sifilis (unsplash.com/National Cancer Institute)

Periode Januari hingga awal Mei 2023, populasi kunci yang dites sifilis 349 jiwa, dan diperoleh hasil reaktif sebanyak delapan jiwa atau 2,3 persen. Sebanyak delapan orang reaktif tersebut, tujuh orang lelaki suka lelaki (LSL) dan satu ibu rumah tangga.

"Penyebab sifilis di Kulon Progo lebih disebabkan oleh perilaku berisiko, karena sebagian besar ditemukan pada kelompok populasi kunci," kata Sri Budi Utami dikutip Antara, Rabu (24/5/2023).

2. Pemeriksaan sifilis dan HIV

Puluhan Ibu Hamil di Kulon Progo Terkena Pos Sifilis ilustrasi sampel darah untuk skrining sifilis (pexels.com/Karolina Grabowska)

Saat ini kasus populasi kunci di Kulon Progo sudah meluas. Dinas Kesehatan melakukan skrining pada semua ibu hamil saat antenatal care (ANC) terpadu.

"Kami juga melakukan skrining pada pasien infeksi menular seksual dan skrining pada wanita dengan riwayat keguguran berulang, serta melakukan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada populasi kunci HIV," katanya.

Baca Juga: Kasus HIV-Sifilis di Indonesia Naik, Ini Kata Pakar UGM

3. Ini penyebab terkena sifilis

Puluhan Ibu Hamil di Kulon Progo Terkena Pos Sifilis ilustrasi hubungan seksual (pexels.com/Pixabay)

Sri Budi Utami mengatakan cara penularan penyakit sifilis, di antaranya karena kontak seksual, serta penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

Selain itu, sifilis disebabkan penularan dari ibu hamil ke janin dan kontak langsung dengan luka terbuka. "Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga keluarga dari ancaman sifilis," katanya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya