PT KAI Minta Penumpang Stasiun Antisipasi Kemacetan Jalan di Jogja  

 Lebih dari 450 penumpang datang dan pergi dari stasiun 

Yogyakarta, IDN Times - PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta meminta calon penumpang datang lebih awal ke stasiun untuk menghindari keterlambatan naik kereta api. Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan potensi kepadatan lalu lintas meningkat saat malam pergantian tahun.

 

1. Penumpang perlu memperhitungkan waktu perjalanan menuju stasiun

PT KAI Minta Penumpang Stasiun Antisipasi Kemacetan Jalan di Jogja  Stasiun Tugu Yogyakarta. IDN Times/Holy Kartika

Franoto Wibowo mengatakan Stasiun Tugu dan Lempuyangan berada di pusat kota dan dekat dengan titik keramaian masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun yaitu di kawasan Malioboro, sehingga penumpang perlu memperhitungkan waktu perjalanan menuju stasiun karena dimungkinkan membutuhkan waktu tempuh lebih lama dibanding saat tidak dalam masa liburan.

"Pada masa libur akhir tahun, terjadi peningkatan volume kendaraan yang melintas termasuk di malam pergantian tahun. Oleh karenanya, kami mengimbau kepada seluruh penumpang untuk memperhitungkan potensi kepadatan tersebut dengan berangkat lebih awal agar tidak tertinggal kereta," kata Franoto Wibowo, Sabtu (31/12/2022). 

 

2. Sistem buka tutup jalan menuju Stasiun Tugu dan Lempuyangan

PT KAI Minta Penumpang Stasiun Antisipasi Kemacetan Jalan di Jogja  Stasiun Lempuyangan.(IDN Times/Holy Kartika)

Saat malam pergantian tahun baru, Pemerintah Kota Yogyakarta memberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas saat malam pergantian tahun, di antaranya adalah sistem buka tutup di seputar kawasan Malioboro dan kawasan Tugu serta menutup simpang empat Plengkung Gading ke utara dan Teteg Stasiun Tugu.

Selain kondisi lalu lintas yang lebih padat, imbauan untuk datang lebih awal ke stasiun juga disebabkan kondisi stasiun yang masih dipadati penumpang yang naik dan turun.

 

Baca Juga: 8 Fasilitas di Stasiun Tugu Jogja Ini Bikin Betah, Ada Shower Locker

Baca Juga: Kopi Joss Slasar Malioboro, Tempat Nongkrong Dekat Stasiun Tugu

3. Lebih dari 450 penumpang datang dan pergi dari stasiun

PT KAI Minta Penumpang Stasiun Antisipasi Kemacetan Jalan di Jogja  Bangunan Stasiun Tugu Yogyakarta diwaktu petang (twitter.com/KAI Wisata)

Franoto menerangkan pada 29 Desember hingga pukul 13.00 WIB, total penumpang dari seluruh stasiun di Daop 6 Yogyakarta mencapai 472.438 penumpang dan meningkat menjadi 491.137 penumpang pada 30 Desember, baik penumpang yang datang maupun berangkat.

"Sedangkan pada pagi ini, 31 Desember hingga pukul 06.00 WIB, jumlah penumpang yang turun tercatat 258.455 orang dan 245.660 penumpang yang berangkat. Jadi, kondisi stasiun memang masih sangat ramai," katanya dikutip Antara. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kafe di Sekitar Tugu Yogyakarta, Wajib Coba!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya