Psikolog UGM Beberkan 5 Tips Capai Resolusi Anti-Gagal 

Resolusi harus realistis 

Sleman, IDN Times - Memasuki tahun 2023, tentu banyak impian yang ingin dicapai. Resolusi diharapkan bisa terwujud selama. Namun, tidak sedikit yang gagal menjalankan resolusi bahkan saat masih di awal tahun.

Psikolog UGM, Edilburga Wulan Saptandari, Ph.D, membagikan tips menyusun resolusi dengan bijak dan antigagal tentunya. ni tipsnya. 

 

 

1. Evaluasi dulu resolusi tahun lalu

Psikolog UGM Beberkan 5 Tips Capai Resolusi Anti-Gagal ilustrasi menyusun resolusi (pexels.com/startup-stock-photos)

Edilburga menyampaikan sebelum menyusun resolusi baru, sebaiknya mengevaluasi apa yang dilakukan selama setahun. Misalnya keinginan menjalani hidup yang lebih sehat dengan rutin berolahraga, namun prakteknya baru memasuki bulan Februari sudah tidak dilanjutkan.

“Nah ini dievaluasi, kenapa tidak bisa dilakukan dengan baik? Oh ternyata karena sulit membagi waktu atau hilang semangatnya, atau karena tidak ada motivasi dan hanya ikut tren saja. Hal ini harus dilihat supaya untuk menyusun resolusi tahun depan tidak mengulangi kesalahan yang sama,” paparnya dikutip laman resmi UGM, Selasa (3/1/2022).

2. Susun resolusi dengan metode SMART

Psikolog UGM Beberkan 5 Tips Capai Resolusi Anti-Gagal google

Dosen Fakultas Psikolog UGM ini membagikan kiat dalam menyusun resolusi tahun baru secara bijak dengan SMART goals. Metode SMART merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time Bound.

Ia menyebut Spesifik artinya, resolusi yang dibuat harus benar-benar jelas dan detail. Misalnya, resolusi tahun depan adalah menjalankan gaya hidup sehat. Resolusi tersebut perlu dibuat secara spesifik seperti menambah 1 porsi buah dalam setiap kali makan.

Measurable yakni menyusun resolusi secara terukur. Resolusi yang dibuat secara terukur akan membantu kita dalam mengukur target yang akan dicapai.

“Contohnya, menambahkan 1 porsi buah dalam setiap  kali makan. Ukurannya kan 1 porsi buah, jadi kalau tidak makan 1 porsi buah di setiap kali makan berarti ini belum tercapai resolusinya,” terangnya.

Baca Juga: Kalender Semarak Event Pariwisata 2023 Jogja, Ada Budaya hingga Musik 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Resolusi, Sudah Bikin?

3. Resolusi harus realistis

Psikolog UGM Beberkan 5 Tips Capai Resolusi Anti-Gagal web

Achievable adalah bisa dicapai. Resolusi yang disusun harus realistis atau yang bisa diraih. Berikutnya, Relevant yaitu resolusi yang dibuat pun harus relevan dengan kondisi pribadi masing-masing. Apakah resolusi tersebut benar-benar penting dan dibuat dengan alasan yang kuat dan benar.

Ia menekankan bahwa relevan ini menjadi kunci keberhasilan pencapaian resolusi. Terkadang tidak sedikit orang membuat resolusi bukan hal yang benar-benar diinginkan. "Misal ingin hidup sehat, nah kenapa mau sehat? Kalau setelah medical check up lalu hasilnya kolesterol tinggi, menjalani gaya hidup lebih sehat menjadi jelas tujuannya karena memang ada kebutuhan untuk itu.  

Terakhir adalah Time Bound adalah batas waktu. Resolusi juga harus disusun berdasarkan waktu dalam pencapaiannya. “Jadi ada waktunya, perlu evaluasi, tahu-tahu satu tahun sudah jalan aja. Misal 2 bulan sekali dievaluasi,” pungkasnya.

Baca Juga: 5 Agenda Wisata Jogja Januari 2023, Ada Pekan Budaya Tionghoa

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya