Comscore Tracker

PKL Selesai Direlokasi, Kawasan Malioboro Ditata selama 3 Bulan

Atraksi seni akan rutin digelar

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau kawasan Malioboro setelah Pedagang Kaki Lima (PKL) direlokasi ke Teras Malioboro 1 dan 2.

Dalam peninjauannya, Sultan didampingi Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi dan pejabat lainnya. Sultan menegaskan setelah PKL direlokasi,  pemerintah daerah akan menata kawasan Malioboro.

1. Penataan kawasan Malioboro dilakukan selama 3 bulan

PKL Selesai Direlokasi, Kawasan Malioboro Ditata selama 3 BulanIlustrasi kawasan Malioboro. IDN Times/Paulus Risang

Sultan menjelaskan penataan kawasan Malioboro dilakukan secara bertahap selama tiga bulan. Raja Yogyakarta itu menambahkan penataan Malioboro masih berlanjut untuk membuat suasana di kawasan itu kian menarik bagi para pengunjung.  "Penataan akan dilakukan dalam waktu tiga bulan ke depan," kata Sultan di kawasan Malioboro, Jumat (11/2/2022). 

Sejumlah perbaikan yang akan dilakukan di antaranya pembersihan kabel yang semrawut, perbaikan lampu, pembersihan saluran limbah dan mengecat kawasan pertokoan. Tujuannya agar lebih tertata dan seragam. 

"Kami juga sudah koordinasi dengan toko di mana fasad Malioboro akan tetap jadi bagian dari heritage. Nantinya area lorong tetap jadi tempat bagi publik untuk jalan, namun toko tidak boleh memperluas area jualan sampai area lorong," katanya. 

2. Atraksi seni bakal digelar di kawasan Malioboro

PKL Selesai Direlokasi, Kawasan Malioboro Ditata selama 3 BulanIDN Times/Tunggul Kumoro

Selain penataan di kawasan Maliioboro, kata Sultan berbagai atraksi wisata akan dihadirkan di kawasan Malioboro pada setiap akhir pekan. Atraksi untuk menarik wisatawan itu bisa digelar berbarengan dengan penataan Malioboro. 

"Bisa digelar agenda seni misalnya di Teras I dan II atau di sepanjang Malioboro dua kali dalam satu pekan. Sebagai contoh pameran seni atau street art dan semacamnya dengan harapan pengunjung bisa lebih nyaman," ujar Sultan. 

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Bakal Tata Wajah Malioboro, Seperti Apa?     

3. Nama Malioboro jadi Kawasan Cagar Budaya Malioboro

PKL Selesai Direlokasi, Kawasan Malioboro Ditata selama 3 Bulanpinterest

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti mengatakan penamaan Malioboro akan disesuaikan yakni kawasan cagar budaya Malioboro. Menurut Haryadi hal ini diharapkan bisa mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan menghargai serta melindungi kawasan itu. 

"Pemkot Yogyakarta juga akan berusaha untuk menjadikan Malioboro ini tetap ramai dengan berbagai atraksi budaya dan seni sehingga para pengunjung yang datang ke sini bisa merasakan kenyamanan dan juga betah berada di Malioboro," kata Haryadi.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya