Comscore Tracker

Peternak Lereng Merapi Dilarang Cari Rumput di Zona Bahaya  

Peternak cari rumput hingga 3 kilometer dari puncak gunung  

Sleman, IDN Times - Warga lereng Gunung Merapi, dilarang untuk mencari rumput pakan ternak. Larangan disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, pasca rentetan kejadian awan panas guguran dengan jarak luncur hingga 5 kilometer. 

Larangan ini menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan, hanya berlaku sementara hingga keadaan kondusif. 

"Kami sedang melakukan koordinasi dengan perangkat kelurahan di lereng Merapi untuk mengantisipasi adanya perumput (pencari rumput) yang naik ke atas," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan, dilansir Antara pada Kamis (10/3/2022). 

1. Peternak biasanya mencari rumput hingga 3 kilometer dari puncak gunung

Peternak Lereng Merapi Dilarang Cari Rumput di Zona Bahaya  Twitter.com/BPPTKG

Makwan mengatakan biasanya peternak mencari rumput untuk pakan ternak di zona bahaya, yaitu mencapai wilayah tiga kilometer dari puncak gunung. BPBD Kabupaten Sleman akan memantau jalur yang biasa dilalui para pencari rumput untuk menuju ke lereng Merapi bagian atas.

"Karena daerah jelajah warga perumput ini bisa mencapai sekitar wilayah tiga kilometer dari puncak Merapi, ini cukup berisiko jika terjadi awan panas. Kami bersama perangkat kelurahan dan para relawan akan memantau jalur para perumput ini, jangan sampai ada yang naik ke atas," kata Makwan.

 

Baca Juga: [BREAKING] Merapi Keluarkan 6 Kali Awan Panas Guguran, Jarak Luncur hingga 5 Km

Baca Juga: Merapi Erupsi, Ratusan Warga Lereng Gunung Mengungsi 

2. Jalur penambangan pasir dan wisata lereng gunung juga ditutup

Peternak Lereng Merapi Dilarang Cari Rumput di Zona Bahaya  Ilustrasi penambangan pasir Merapi. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Penutupan sejumlah jalur wisata yang terletak di lereng Merapi serta lokasi penambangan pasir, saat ini telah ditutup. Penutupan sementara meliputi area penambangan pasir di aliran Sungai Gendol di Kelurahan Kepuharjo serta tempat wisata di Kelurahan Kepuharjo dan Glagaharjo.

"Objek wisata yang ditutup sementara yakni Bunker Kaliadem di Kepuharjo dan Bukit Klangon di Kelurahan Glagaharjo. Nanti dari Dinas Pariwisata Sleman akan secara resmi mengeluarkan imbauan mengenai penutupan sementara ini," kata Makwan.

3. Antisipasi dilakukan agar tidak terjadi korban jiwa

Peternak Lereng Merapi Dilarang Cari Rumput di Zona Bahaya  Makwan, Kepala Pelaksana BPBD Sleman. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Makwan mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Merapi kemungkinan kembali meningkat dan berdampak ke daerah di sekitarnya. Pencegahan dilakukan agar tidak terjadi korban jiwa. 

"Semua kami lakukan antisipasi dan pencegahan, jangan sampai ada korban," kata Makwan.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya