Persediaan Vaksin Booster COVID-19 di Jogja Menipis

Sementara tidak semua puskesmas dapat melayani booster

Yogyakarta, IDN Times - Persediaan vaksin Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini menipis. Pemda DIY masih menunggu tambahan pasokan dari Kementerian Kesehatan. 

1. Wagub sudah meminta tambahan

Persediaan Vaksin Booster COVID-19 di Jogja Menipisilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DIY Setyarini Hestu Lestari mengatakan persediaan yang menipis membuat layanan hanya terpusat di beberapa sentra di tingkat kabupaten.

"Pak Wagub sudah minta ke kementerian untuk tambahan vaksin sesuai dengan kebutuhan DIY. Sudah dimintakan tapi sampai sekarang belum dijawab oleh menterinya," kata Setyarini, Kamis (13/10/2022). 

 

2. Sementara tidak semua puskesmas dapat melayani booster

Persediaan Vaksin Booster COVID-19 di Jogja Menipisilustrasi vaksin. (IDN Times/Aditya Pratama)

Saat ini untuk sementara tidak semua puskesmas dapat melayani vaksinasi booster atau penguat. Namun masyarakat yang akan mendapatkan layanan vaksinasi penguat, dapat menghubungi dinas kesehatan di masing-masing kabupaten.

"Vaksinasi masih bisa, di Kota Yogyakarta juga masih ada jadwalnya, cuma dengan keterbatasan karena sudah menipis," terang Setyarini dikutip Antara. 

 

Baca Juga: Daerah Istimewa Yogyakarta Disebut Siap Masuk Endemik Covid-19

3. Booster di DIY mencapai 43,61 persen

Persediaan Vaksin Booster COVID-19 di Jogja Menipisilustrasi vaksin booster (IDN Times/Aditya Pratama)

Setyarini berharap tambahan pasokan vaksin segera tiba sehingga cakupan vaksinasi booster pertama, khususnya untuk masyarakat umum di DIY bisa kembali ditingkatkan.

Data dari Dinkes DIY, jumlah cakupan vaksinasi COVID-19 penguat telah mencapai 1.255.805 orang atau 43,61 persen dari target keseluruhan sasaran 3.181.285 jiwa.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya