Pulang ke DIY, Pemudik dari Zona Merah Akan Disuruh Putar Balik

Jumlah pemudik yang datang ke DIY mencapai 81 ribu

Kota Yogyakarta, IDN Times - Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan meminta  pemudik dari daerah zona merah COVID-19, kembali ke tempat asal alias putar balik. Untuk itu, Pemda DIY dan personel keamanan akan memperketat penjagaan di titik-titik jalan yang dilalui pemudik. 

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Tavip Agus Rayanto, mengatakan semula jalur di luar kota hanya dijaga dalam 1 shift. Namun mulai hari ini penjagaan dilakukan selama 24 jam,  terbagi dalam 3 shift.

"Masing-masing shift melibatkan 25 personel gabungan dari TNI, Kesehatan, Polri, Satpol PP, dan Dishub," kata Tavip Agus Rayanto, Kepala Dinas Perhubungan DIY, di Yogyakarta, Rabu (22/4).

Baca Juga: Soal Larangan Mudik, Wabup Gunungkidul: Imbauan Orangtua Lebih Manjur

1. Pengetatan dan penyempitan akses masuk ke DIY

Pulang ke DIY, Pemudik dari Zona Merah Akan Disuruh Putar BalikIlustrasi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Dari keterangan Tavip, beberapa jalan alternatif menuju ke wilayah DIY juga akan ditutup. Penutupan dilakukan untuk mempermudah proses pemeriksaan. 

"Dari tiga titik yang dijaga yaitu di Tempel, Prambanan dan Kulon Progo, 2 titik di antaranya dilakukan penutupan jalur untuk mempersempit akses.”

Pemudik dari arah Semarang yang lewat Tempel, Sleman harus melalui jalur utama, tujuannya agar kendaraan melalui pintu pemeriksaan. Hal ini juga berlaku bagi pemudik yang datang dari arah barat. 

“Ada penutupan jalan di pintu masuk underpass atau terowongan JJLS atau jalur Daendels. Pemudik harus belok kiri melewati jalur utama untuk masuk ke Bantul atau Yogyakarta," jelasnya.

2. Keterbatasan sumber daya manusia

Pulang ke DIY, Pemudik dari Zona Merah Akan Disuruh Putar BalikPemeriksaan suhu tubuh di Komplek Tanjung Gading, Batubara (Dok.IDN Times/istimewa)

Diakui Tavip penutupan hanya dilakukan di beberapa titik saja, keterbatasan personel membuat pemeriksaan tidak bisa dilakukan di banyak tempat. 

"Pemeriksaan ini memang hanya di tiga titik. Kalau semua titik tentunya SDM kita tidak mencukupi. Jadi untuk menyiasati, jalan-jalan tikus atau jalan kecil ini kita serahkan penanganannya ke kabupaten. Surat perintahnya sudah kita siapkan," lanjutnya.

Tavip Agus Rayanto menambahkan apabila terpaksa ada yang lolos dari pemeriksaan, maka akan diserahkan kepada perangkat desa setempat. 

" Ya kami berharap semua patuh lah, demi kebaikan bersama," katanya.

3. Jumlah pemudik pulang ke DIY mencapai 81 ribu

Pulang ke DIY, Pemudik dari Zona Merah Akan Disuruh Putar BalikStasiun Tugu Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Berdasar data pemantauan Dinas Perhubungan DIY, pada masa tanggap darurat bencana COVID-19 ini, jumlah pemudik yang datang ke DIY selama dua minggu terakhir ini mencapai sekitar 81 ribu orang. Mereka datang dengan menggunakan kereta api, pesawat dan bus. 

"Jumlah tersebut adalah 7 persen dari total perantau yang ada di Jabodetabek. Dan diprediksi masih ada 36 persen perantau yang belum mudik. 36 persen ini yang harus kita waspadai," tegasnya.

Baca Juga: 10 Meme Antara Aku,WFH dan Kasur Seberapa Kuat Nahan Godaan Rebahan?  

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya