Pengawas Kalurahan di Kulon Progo langsung Bertugas Mutakhirkan Data

Ikut petakan kerawanan Pilkada

Kulon Progo, IDN Times - Sebanyak 88 petugas pengawas kalurahan/desa di Kulonprogo yang bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang langsung melakukan pengawasan pemutakhiran data pemilih.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Marwanto, mengatakan proses pembentukan pengawas di tingkat kalurahan/desa (PKD) untuk event Pilkada 2024 di daerah ini sudah berakhir awal bulan ini, dengan ditandai dilantiknya 88 PKD oleh pengawas kecamatan pada 1-2 Juni kemarin.

"Selanjutnya mereka akan bertugas mengawasi seluruh tahapan Pilkada di 88 kalurahan yang tersebar di Kabupaten Kulon Progo," kata Marwanto, Senin (3/6/2024).

 

 

1. Sebagian besar petugas lama

Pengawas Kalurahan di Kulon Progo langsung Bertugas Mutakhirkan DataIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mhd Saifullah)

Menurut Marwanto, dari sebanyak 88 PKD tersebut, sebagian besar masih merupakan muka lama atau PKD yang bertugas pada Pemilu 2024.
Salah satu tugas awal dari PKD adalah akan mengawasi pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) yang rencananya berlangsung pada minggu pertama Juni ini.

“Awalnya disebutkan di Petunjuk Teknis Nomor 475 tahun 2024 yang diterbitkan KPU RI disebutkan pembentukan pantarlih akan dimulai 5 Juni. Namun kami baru saja memperoleh informasi bahwa petunjuk teknis tersebut akan direvisi, sehingga kemungkinan pembentukan pantarlih belum akan dimulai pada 5 Juni,” ujarnya dikutip Antara.

2. Diawasi saat coklit ke rumah warga

Pengawas Kalurahan di Kulon Progo langsung Bertugas Mutakhirkan DataIlustrasi pilkada serentak.ANTARA

Marwanto mengatakan pengawasan yang dilakukan oleh PKD, juga oleh panwas kecamatan maupun Bawaslu kabupaten, tidak hanya terkait dengan proses pembentukannya. “Pantarlih akan diawasi juga dalam melakukan tahapan mutarlih, khususnya saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) dengan mendatangi rumah warga,” ujarnya.

Baca Juga: Koalisi Gemuk di Kulon Progo Masih Godok Cabup untuk Pilkada 2024

3. Bantu memetakan kerawanan Pilkada

Pengawas Kalurahan di Kulon Progo langsung Bertugas Mutakhirkan DataIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Di samping melakukan pengawasan tahapan mutarlih, kata Marwanto, PKD juga akan membantu panwas kecamatan maupun Bawaslu kabupaten dalam melakukan pemetaan kerawanan Pilkada 2024.

“PKD itu ada di tingkatan akar rumput, merekalah yang akan berhadapan secara langsung dengan dinamika yang ada di masyarakat, termasuk potensi kerawanan dan pelanggaran yang mungkin terjadi. Karena itulah, mereka kami libatkan dalam upaya pemetaan kerawanan pilkada,” ujar Marwanto.

Baca Juga: Moerni 78, Kuliner Tempo Doeloe Dekat Stasiun Lempuyangan Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya