Pemkab Sleman Beri Beasiswa Kuliah Gratis, Program Dimulai 12 Juni  

Salah satu program pengentasan kemiskinan

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman, memfasilitasi warga yang kurang mampu untuk bisa menyekolahkan anaknya hingga perguruan tinggi melalui program Sleman Pintar III. Total sudah 400 mahasiswa yang mendapatkan program bantuan dari Pemkab Sleman ini.

Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sleman Danang Maharsa menjelaskan program beasiswa kuliah gratis melalui program Sleman Pintar III diperuntukkan bagi anak-anak keluarga miskin dan rentan miskin yang memiliki semangat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.

"Pada tahun ketiga program Sleman Pintar ini diupayakan peningkatan kesiapan para calon peserta dan penyempurnaan mekanisme seleksi," kata Danang Maharsa yang juga Wakil Bupati Sleman itu, Senin (10/6/2024).

1. Program dimulai sejak 2022

Pemkab Sleman Beri Beasiswa Kuliah Gratis, Program Dimulai 12 Juni  ilustrasi mahasiswa dan fresh graduate merenungi nasib setelah lulus (pexels.com/ Pavel Danilyuk)

Danang menjelaskan program unggulan TKPK Kabupaten Sleman ini telah dimulai sejak 2022.  Saat ini, kata Danang telah memberikan beasiswa kuliah gratis kepada lebih dari 400 mahasiswa.

"Beragam cara dilakukan untuk meningkatkan kesiapan peserta, sekaligus menyempurnakan bagaimana proses  mekanisme seleksi penerima program," katanya.

2. Pemkab berikan sosialisasi

Pemkab Sleman Beri Beasiswa Kuliah Gratis, Program Dimulai 12 Juni  ilustrasi mahasiswa (pexels.com/Karolina Grabowska)

Politikus PDIP itu menambahkan untuk menyosialisasikan program tersebut salah satu yang dilakukan yakni dengan memberikan informasi awal tentang perkuliahan. Selain itu juga menjelaskan tahapan mekanisme seleksi yang diselenggarakan di ruang sinema, Kampus AMIKOM Yogyakarta pada hari ini.

"Kegiatan ini dihadiri ratusan pelajar lulusan SMA sederajat dari 17 kapanewon (kecamatan) di Sleman. Hadir juga pihak Pemerintah Kabupaten Sleman yang dihadiri Kepala Dinas Sosial dan pihak kampus AMIKOM Yogyakarta," ujarnya.

Baca Juga: Resilient Cafe and Eatery, Kedai Kopi Ramah Difabel di Sleman

3. Merupakan program unggulan

Pemkab Sleman Beri Beasiswa Kuliah Gratis, Program Dimulai 12 Juni  ilustrasi mahasiswa (Unsplash/Priscilla Du Preez 🇨🇦)

Menurut Danang, program Sleman Pintar merupakan program unggulan untuk mengentaskan kemiskinan melalui akses gratis pendidikan.

"Kesusksesan program beasiswa perguruan tinggi bagi anak dari keluarga tidak mampu ini bukan hanya sekadar menjalankan tugas, melainkan panggilan kemanusiaan. Ketika saya bisa membantu, saya merasa sudah melakukan panggilan kemanusiaan, lebih dari sekadar menjalankan tugas. Semoga masa depan anak-anak Sleman jauh lebih baik," ujarnya.

Pendaftaran calon peserta program beasiswa ini dibuka mulai Rabu 12 Juni 2024, melalui link yang disediakan Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Sekolah Daop 6 Tambah 7 Kereta Api

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya