Comscore Tracker

Mulai 4 Mei, Pasar Beringharjo Buka hingga Pukul 9 Malam   

Wisatawan tak perlu berdesakn karena jam buka diperpanjang

Yogyakarta, IDN Times -Keinginan para pedagang di Pasar Beringharjo untuk buka lapak hingga malam akhirnya terkabul. Mulai 4 Mei, pasar akan dibuka hingga pukul 21.00 WIB. 

Pasar yang terletak di kawasan Malioboro ini akan kembali beroperasi hingga malam hari saat libur Lebaran untuk memberikan keleluasaan waktu bagi wisatawan yang datang untuk berbelanja oleh-oleh.

"Mulai 4 Mei, Pasar Beringharjo akan kembali buka sampai malam hari. Hingga pukul 21.00 WIB," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono, Kamis (28/4/2022).

 



 

1. Jumlah pengunjung naik hingga 100 persen

Mulai 4 Mei, Pasar Beringharjo Buka hingga Pukul 9 Malam   IDN Times/Holy Kartika

Menurut Yunianto, kebijakan diterapkan dengan mempertimbangkan kasus aktif COVID-19 yang semakin turun ditambah tingginya animo masyarakat berbelanja.

Selain itu pembukaan juga mempertimbangkan usulan dari pedagang, khususnya di Beringharjo sisi barat dan pusat bisnis yang berharap diizinkan untuk kembali buka sampai malam hari saat libur Lebaran.

"Menjelang Lebaran, jumlah pengunjung di Pasar Beringharjo mengalami kenaikan hingga 100 persen," katanya.

Baca Juga: Pedagang Pasar Beringharjo Tambah Stok, Daster Bu Tejo Jadi Andalan 

2. Kebijakan jam buka di malam hari akan dievaluasi tiap 1 bulan

Mulai 4 Mei, Pasar Beringharjo Buka hingga Pukul 9 Malam   IDN Times/Tunggul Kumoro

Perpanjangan jam buka pasar, Yunianto berharap, wisatawan yang tidak sempat berkunjung saat siang hari, masih memiliki kesempatan untuk berbelanja oleh-oleh saat malam hari.

"Selain itu, dengan jam buka yang panjang maka pengunjung tidak terkonsentrasi di waktu-waktu tertentu saja yang mengakibatkan kepadatan di dalam pasar. Bisa memilih waktu lebih leluasa sehingga protokol kesehatan juga tetap jalan," katanya.

Kebijakan buka sampai malam hari tersebut akan dievaluasi kembali dalam waktu dua hingga satu bulan kemudian untuk menentukan kebijakan lanjutan.

3. Pedagang tambah stok dagangan hingga 3 kali lipat

Mulai 4 Mei, Pasar Beringharjo Buka hingga Pukul 9 Malam   IDN Times/Holy Kartika

Sebelumnya, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Barat Bintoro mengatakan para pedagang berharap pasar dibuka sampai malam hari saat libur Lebaran untuk memberikan kesempatan berbelanja bagi wisatawan yang tidak sempat datang saat siang hari.

"Wisatawan biasanya datang dari kota-kota yang jauh sehingga terkadang saat sampai di Beringharjo, pasar sudah tutup," katanya.

Menjelang Lebaran, pedagang di Pasar Beringharjo Barat menambah stok barang dagangan dua kali lipat dibanding hari biasa.

"Stok yang ditambah disesuaikan dengan permintaan pasar seperti pakaian batik, kemeja, blus, daster, dan lainnya," katanya.

Baca Juga: 7 Kuliner yang Jadi Hidden Gems di Pasar Beringharjo, Wajib Cicip!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya