Comscore Tracker

Millennial Meet Traditional, Ratusan Siswa SMA Berpawai Jadi Bregada

Ada Bregada unik dengan kostum Star Wars lho!

Kota Yogyakarta, IDN Times – Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Yogyakarta siap berpatisipasi dalam Festival Bregada Nusantara, Minggu 22 September mendatang. Festival Bregada atau prajurit keraton ini akan berlangsung di sepanjang Jalan Malioboro hingga Alun-Alun Utara, dimulai pukul 07.00 WIB. 

Festival yang sudah memasuki tahun kedua ini untuk memperingati HUT ke-77 SMA Negeri 3 Yogyakarta atau Padmanaba. 

Ketua panitia festival, Ganang Adjie berharap anak muda dapat menyukai dan mempelajari kembali budaya tradisional yang saat ini sudah banyak ditinggalkan. 

"Acara ini untuk kembali belajar sekaligus sebagai ajang eksistensi Millennial. Caranya ya dengan pawai dan festival ini," ujar Ganang kepada wartawan di Hotel Neo, Jalan Pasar Kembang, Kamis (19/9).  

Ganang menuturkan panitia membebaskan setiap peserta untuk kreatif dalam menentukan baju, musik dan gerakan. "Ini beberapa yang akan dinilai juri, kami membebaskan kreativitas peserta."

1. Millennial Meet Traditional

Millennial Meet Traditional, Ratusan Siswa SMA Berpawai Jadi BregadaIDN Times/febriana sinta

Ketua Keluarga Besar Alumni Padmanaba, Hendri Saparini mengatakan tema festival tahun ini adalah "Millennial Meet Traditional". Lewat tema ini, panitia berharap anak muda di Yogyakarta dapat mengenal Bregada, sekaligus mampu melestarikannnya.

"Kami berharap ini akan menjadi event tahunan yang menarik tidak saja bagi anak muda, tapi juga bagi wisatawan asing dan dalam negeri. Apalagi yang menjadi bregada ini adalah anak-anak SMA, millennial," papar Hendri. 

Baca Juga: Mengenal Bregada, Pasukan Prajurit Kraton Yogyakarta

2. Kraton berharap latihan bregada menjadi ekskul di sekolah

Millennial Meet Traditional, Ratusan Siswa SMA Berpawai Jadi BregadaIDN Times/febriana sinta

Wakil Kraton Yogyakarta sekaligus salah satu almamater Padmanaba, KPH Notonegoro mengharapkan Festival Bregada Nusantara tidak hanya menjadi ajang tahunan festival namun dapat menjadi kegiatan ekstrakulikuler siswa.

"Dengan menjadi kegiatan ekskul di sekolah, siswa dapat belajar seni tradisi dan budaya," ujarnya.

KPH Notonegoro berharap dengan mempelajari cara menjadi bregada, siswa dapat belajar tentang filosofi budaya, keahlian dan juga kedisiplinan saat berlatih menjadi bregada. 

3. Parade Bregada unik dan Star Wars

Millennial Meet Traditional, Ratusan Siswa SMA Berpawai Jadi Bregadawww.instagram.com/festival bregada nusantara

Ketua panitia festival Ganang Adjie menambahkan selain festival akan ada pertunjukkan pawai bregada unik, yaitu Imperial Army yang akan memakai kostum dari tokoh film Star Wars. Ada juga Bregada Edan-Edanan yang beranggotakan alumni Padmanaba.

Selanjutnya terdapat pawai Bregada Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kasultanan Cirebon dan Baluwarti Surakarta. 

Bregada pelajar yang akan dilombakan tahun ini memperebutkan Piala Kementerian Pendidikan RI, Piala Kementerian Pariwisata RI, dan Piala Gubernur DIY.

Baca Juga: Tak Sekadar Ruang Terbuka, Ini Fungsi Alun-alun Utara Kraton Jogja 

Topic:

  • Febriana Sintasari
  • Paulus Risang

Just For You