Merapi dalam 1 Hari Alami 90 Kali Gempa Guguran  

Merapi juga terjadi 63 gempa fase banyak dan 2 vulkanik

Sleman, IDN Times - Gunung Merapi mengalami sebanyak 90 kali gempa guguran dalam satu hari yaitu Selasa (23/8/2022). Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan gempa guguran terjadi selama periode pengamatan mulai pukul 00.00-24.00 WIB.

 

1. 63 kali gempa fase banyak dan 2 kali gempa vulkanik

Merapi dalam 1 Hari Alami 90 Kali Gempa Guguran  Letusan Gunung Merapi terlihat dari bungker Kaliadem, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (17/11/2019). (ANTARA FOTO/Rudi)

Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso mengatakan selain gempa guguran, pada periode pengamatan yang sama Merapi juga mengeluarkan sebanyak delapan kali guguran lava ke luar dari gunung itu dengan jarak luncur maksimum 1.200 meter ke arah Barat Daya.

Selain itu juga tercatat 63 kali gempa fase banyak, dua kali gempa vulkanik dangkal, dan enam gempa embusan.

"Berdasarkan pengamatan visual, tampak asap berwarna putih ke luar dari Gunung Merapi dengan intensitas tipis hingga sedang hingga tebal dengan ketinggian sekitar 50 meter di atas puncak," ujar Agus Budi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (24/8/2022). 

 

2. Deformasi menunjukkan laju pemendekan jarak rata-rata 0,3 cm dalam tiga hari.

Merapi dalam 1 Hari Alami 90 Kali Gempa Guguran  Wisata di Kaki Gunung Merapi, Sleman. IDN Times / Febriana Sinta

Sementara itu deformasi atau perubahan bentuk tubuh Merapi yang dipantau BPPTKG menggunakan electronic distance measurement (EDM) pada 23 Agustus 2022, menunjukkan laju pemendekan jarak rata-rata 0,3 cm dalam tiga hari.

Berdasarkan hasil analisis morfologi pada periode 12 - 18 Agustus 2022, tidak teramati perubahan ketinggian pada kubah barat daya. Sedangkan untuk kubah tengah, Agus Budi mengatakan tidak teramati adanya perubahan morfologi yang signifikan. 

"Saat ini volume kubah lava barat daya tercatat sebesar 1.664.000 meter kubik, dan kubah tengah sebesar 2.772.000 meter kubik," ujar Agus. 

Baca Juga: Syahdunya Bunker Kaliadem, Wisata di Kaki Gunung Merapi 

3. Status Merapi masih Siaga

Merapi dalam 1 Hari Alami 90 Kali Gempa Guguran  Wisata di Kaki Gunung Merapi, Sleman. IDN Times / Febriana Sinta

BPPTKG hingga kini masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Guguran lava dan awan panas dari Gunung Merapi bisa berdampak ke area dalam sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal lima km, serta Sungai Bedog, Krasak, Bebeng maksimal tujuh km.

Selain itu, guguran lava dan awan panas dari Gunung Merapi bisa berdampak ke area di sektor tenggara yang meliputi Sungai Woro maksimal tiga km dan Sungai Gendol sejauh lima km.

 

Baca Juga: 10 Potret Stonehenge Merapi Yogyakarta, Mirip yang di Inggris!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya