Mahasiswa UGM Rancang Robot Bantu Disinfeksi Hotel 

Mengurangi tingkat transmisi penyebaran virus dalam hotel

Sleman, IDN Times - Mahasiswa Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada (UGM) merancang pembuatan robot berbasis kecerdasan buatan untuk membantu memudahkan proses disinfeksi di hotel. 

1. Sabet juara 1 karya tulis ilmiah

Mahasiswa UGM Rancang Robot Bantu Disinfeksi Hotel UGM (instagram.com/ugm.yogyakarta)

Gagasan ini muncul dari Billie Adrian, mahasiswa Teknik Fisika UGM. Ia berhasil meraih juara 1 dalam Airlangga Hospitality Competition 2022 dengan mengusung karya tulis ilmiah berjudul Implementasi Teknologi AMR (Autonomous Mobile Robot) Disinfeksi Berbasis Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Tingkat Higienis dan Sanitasi Industri Perhotelan.

2. Sanitasi hotel di Indonesia jarang menggunakan robot

Mahasiswa UGM Rancang Robot Bantu Disinfeksi Hotel Ilustrasi kamar hotel (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Billie mengatakan ide pengembangan robot berawal pemanfaatan robot berbasis kecerdasan buatan jarang digunakan untuk meningkatkan tingkat higienitas dan sanitasi hotel di Indonesia. Menurutnya inovasi autonomous mobile robot dapat diaplikasikan secara nyata di industri perhotelan Indonesia untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman dari tamu hotel.

“Ide tersebut karena saya melihat masih kurangnya pemanfaatan teknologi di sektor perhotelan yang dapat membuat rasa aman dan nyaman bagi tamu hotel,” jelasnya, Kamis (6/10/2022). 

 

Baca Juga: Minimalkan Stres, Mahasiswa UGM Gagas Jam Tangan Stress Watch

3. Mengurangi tingkat transmisi penyebaran virus dalam hotel

Mahasiswa UGM Rancang Robot Bantu Disinfeksi Hotel Ilustrasi pembersihan hotel (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Model robot yang dikembangkan memiliki dua bagian yaitu bagian mobile (autonomous moving platform) dan bagian disinfeksi (disinfection module).  Bagian mobile berfungsi untuk membawa AMR menuju lokasi yang ditentukan dengan menggunakan sistem navigasi yang telah dirancang menggunakan sebuah perangkat lunak pada AMR. Setelah bagian mobile membawa tubuh robot menuju tempat yang dituju, bagian disinfeksi akan bekerja dengan menyemprotkan senyawa hidrogen peroksida pada objek yang sudah dituju menggunakan sensor. Setelah selesai, AMR akan berpatroli sesuai dengan denah lokasi hotel yang sudah ditanamkan dalam sistem navigasi AMR.

“Fungsi utama dari pemanfaatan ini tentunya adalah mengurangi tingkat transmisi penyebaran virus dalam hotel dimana Indonesia telah memasuki masa post-pandemic recovery dan dibutuhkan teknologi yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi tamu hotel terutama dalam bidang kesehatan,”paparnya.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Ciptakan Snack Bar AntiStunting dari Bahan Lokal  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya