Mahasiswa UGM Raih Juara 3 Dunia Kompetisi Model Satelit Turki, Keren!

Tahun ini kompetisi diikuti ribuan tim dari puluhan negara

Sleman, IDN Times - Komunitas roket UGM atau yang dikenal dengan Gadjah Mada Aerospace Team (GMAT) kembali mengukir prestasi tingkat dunia. GMAT kali ini berhasil meraih juara tiga dunia Model Satellite Competition dalam rangkaian Turki Teknofest 2022.

 

1. Tim UGRASENA berhasil mengalahkan sekitar 111 tim

Mahasiswa UGM Raih Juara 3 Dunia Kompetisi Model Satelit Turki, Keren!Komunitas roket UGM, Gadjah Mada Aerospace Team (GMAT) juara 3 Technofest Turki 2022/Humas UGM

Pada kompetisi tersebut GMAT UGM mengirimkan Tim UGRASENA yang digawangi oleh Kokoh Islam Santoso, Delavito Bintang Mahaputra dan Nur Atika Salsabilah mahasiswa Fakultas Teknik. Devina Reva Kusuma, Wahyu Afriza dan Bara Ananada Wima dari Fakultas MIPA.

Tim UGRASENA berhasil mengalahkan sekitar 111 tim pesaing dari berbagai negara dengan mengusung konsep model satelit DIY antena biquad yang dibuat sendiri oleh tim dan sistem separasi yang berbeda dengan tim lain. 

2. Mempersiapkan lomba sejak Januari 2020

Mahasiswa UGM Raih Juara 3 Dunia Kompetisi Model Satelit Turki, Keren!UGM (instagram.com/ugm.yogyakarta)

Kokoh mengatakan keberhasilan GMAT dalam kompetisi bergengsi tersebut merupakan hasil kerja keras mereka sejak Januari 2020 lalu. Selain itu juga kekompakan dan kerja sama tim yang baik saat perlombaan.

“Kami merasa sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang didapatkan. Alhamdulillah, usaha yang telah kami kerahkan selama 8 bulan telah terbayarkan,” kata Kokoh dikutip laman resmi UGM, Rabu (7/9/2022). 

Baca Juga: 3 Film Karya BW Purba Negara, Sutradara Jogja Lulusan Filsafat UGM

3. Tahun ini kompetisi model satelit diikuti ribuan tim dari puluhan negara

Mahasiswa UGM Raih Juara 3 Dunia Kompetisi Model Satelit Turki, Keren!Komunitas roket UGM, Gadjah Mada Aerospace Team (GMAT) juara 3 Technofest Turki 2022/Humas UGM

Teknologi dan Kedirgantaraan Nasional Turki atau Turki Teknofest merupakan agenda rutin Kementerian Turki yang berisikan rangkaian kegiatan seperti pameran kedirgantaraan, lomba, pertunjukan udara, serta seminar.

Tahun ini kompetisi model satelit diikuti ribuan tim dari puluhan negara dari seluruh dunia. Kegiatan dilaksanakan secara luring pada 22 hingga 25 Agustus di Aksaray, Turki dan puncaknya pada 4 September 2022 yang berhasil menarik perhatian lebih dari 1,5 juta partisipan. 

Baca Juga: Mahasiswa UGM Ajari ODGJ di Bantul Membuat Makrame 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya