Mahasiswa UGM Ciptakan Glucosweet, Pemanis dari Singkong 

Glucosweet bisa menjadi alternatif pengganti gula

Sleman, IDN Times - Mahasiswa UGM membuat sebuah pemanis berbahan baku singkong. Produk pemanis cair yang diberi nama Glucosweet bisa menjadi alternatif pengganti gula.

1. Glucosweet, terbuat dari bahan baku singkong

Mahasiswa UGM Ciptakan Glucosweet, Pemanis dari Singkong singkong (pixabay.com/Brett Hondow)

Glucosweet, terbuat dari bahan baku singkong dan diproduksi dengan menambahkan enzim alami 100 persen. Glucosweet dinilai baik dari sisi kesehatan karena memiliki kalori lebih rendah dibanding gula berbahan tebu.

"Memiliki tingkat kemanisan 2 kali dari gula pasir biasa, pemakaian Glucosweet diharapkan tidak terlalu banyak sehingga mampu mengurangi intake gula," ujar Listi Sukmawati, S.kep, penggagas Glucosweet. 

Mahasiswa Master of Public Health, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) ini memang sudah sejak lama berkeinginan bisnis. Tidak mau sembarang bisnis, ia menginginkan bisnis yang tetap sejalan dengan dunianya yaitu di bidang kesehatan masyarakat. Untuk itu ia melakukan studi literatur serta menjalankan berbagai diskusi terkait gula yang rendah kalori dari bahan yang ketersediaannya melimpah di Indonesia.

 

2. Menjadi pilihan untuk pemanis makanan dan minuman sehat

Mahasiswa UGM Ciptakan Glucosweet, Pemanis dari Singkong Ilustrasi perbedaan jenis gula tambahan dan gula alami (freepik.com/stockking)

Keinginan yang kuat pada akhirnya membawanya berjumpa dengan teman-temannya yang hingga saat ini bergabung dengan tim-nya yang fokus mengembangkan gula cair berbahan baku singkong. Brand ini diharapkan memberi pilihan dan manfaat bagi masyarakat soal makanan dan minuman sehat.

“Kalau pernah mencoba rasanya lezat dan nyaman di tenggorokan, makanya membuat Glucosweet sangat sesuai untuk digunakan di berbagai produk olahan makanan dan minuman,” ujar Listi Sukmawati, dikutip aman resmi UGM, Jumat (23/6/2023).

 

Baca Juga: Kedokteran dan Ilmu Komunikasi Prodi Paling Kompetitif di SNBT UGM

3. Miliki lisensi MUI dan BPPOM

Mahasiswa UGM Ciptakan Glucosweet, Pemanis dari Singkong Mahasiswa UGM membuat sebuah pemanis berbahan baku singkong (Humas UGM)

Listi menjelaskan gula cair Glucosweet saat ini diproduksi di Banjarnegara oleh Sari Tela Utama, pada akhirnya seluruh izin baik Halal dari LPPOM MUI dan Izin Edar dari BPOM RI terpenuhi. Saat ini Glucosweet akhirnya dapat dijual secara bebas di pasaran.

“Kita dari Glucosweet gencar mengikuti berbagai ajang pameran dan business matching di dalam maupun luar negeri. Semua ini dengan harapan dapat memperluas cakupan pasar dari Glucosweet,” pungkas Listi.

Baca Juga: Tips ala Dosen Peternakan UGM Cara Pilih dan Sembelih Hewan Kurban 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya