Mahasiswa Dominasi Jumlah Perpindahan Pemilih Nyoblos di Sleman

Saat ini sebanyak 19.763 pemilih pindah ke Sleman

Sleman, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman mendata hingga hari Minggu (21/1/2024) sebanyak 19.763 pemilih dari luar daerah pindah untuk memilih di Sleman saat Pemilu 2024.

1. KPU Sleman masih input data

Mahasiswa Dominasi Jumlah Perpindahan Pemilih Nyoblos di SlemanKPU Sleman (IDNTimes/Siti Umaiah)

Saat ini KPU Sleman masih menginput data warga luar daerah yang mengurus pindah memilih ke Sleman. "Setelah layanan pindah memilih ditutup pada 15 Januari, pendataan yang telah kami lakukan hingga Minggu (21/1), terdata ada 19.763. Ada kemungkinan jumlahnya masih bisa bertambah, karena pendataan masih kami lakukan," ujar Ketua KPU Kabupaten Sleman, Ahmad Baehaqi, Senin (22/1/2024). 

 

2. Pemilih pindahan didominasi mahasiswa

Mahasiswa Dominasi Jumlah Perpindahan Pemilih Nyoblos di Slemanilustrasi mahasiswa (pexels.com/andreapiacquadio)

Ahmad mengatakan, dari jumlah tersebut mayoritas warga yang mengurus pindah memilih ke Sleman merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta. "Mayoritas merupakan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Yogyakarta dan Sleman yang mengajukan pindah memilih," katanya.

Ahmad menambahkan, setelah pendaftaran layanan pindah memilih ditutup pada 15 Januari 2024, tidak ada lagi layanan untuk pindah memilih.
"Layanan pengurusan pindah memilih sampai 7 Februari 2024 hanya untuk empat kategori, yakni pemilih yang sakit di rumah sakit, pemilih yang tertimpa bencana, pemilih yang menjadi tahanan serta pemilih yang bertugas saat pemungutan suara," katanya dikutip Antara. 

 

 

Baca Juga: Pelajar SMP di Sleman Sabet 12 Medali Emas Dancesport di Singapura

3. Diperkirakan jumlah hampir sama dengan tahun 2019

Mahasiswa Dominasi Jumlah Perpindahan Pemilih Nyoblos di SlemanKetua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar menyebutkan bahwa masyarakat yang mendaftar DPTb di Sleman cukup banyak.

"Terlebih di hari terakhir kemarin, pada 15 Januari 2024. Mayoritas mahasiswa. Diperkirakan jumlah totalnya hampir sama dengan jumlah pemilih DPTb Pemiku 2019, antara 20 ribu hingga 30 ribu pemilih," katanya.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Bertemu Sultan, Diskusi tentang Masa Depan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya