Loloskan 117 Judul, UGM Kampus Terbaik Program Kreativitas Mahasiswa  

18 perguruan tinggi masuk pemeringkatan PKM 2022

Sleman IDN Times - UGM menjadi perguruan tinggi terbaik pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk peraih pendanaan dan insentif PKM terbanyak tahun 2022.  Berdasarkan pengumuman yang dirilis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek UGM menjadi perguruan tinggi terbaik di klaster 1. 

1. UGM mendapatkan pendanaan dan insentif untuk 117 judul

Loloskan 117 Judul, UGM Kampus Terbaik Program Kreativitas Mahasiswa  Universitas Gadjah Mada (Dok. Humas UGM)

UGM mendapatkan pendanaan dan insentif untuk 117 judul atau tim PKM tahun 2022 ini. Direktur Kemahasiswaan UGM, Suharyadi menyampaikan kerja sama yang baik antara mahasiswa dan dosen harus terus dilakukan apalagi tahun ini masih ada tantangan lain yaitu di ajang PIMNAS. 

“Kita masih ada tantangan di ajang PIMNAS yang rencananya akan diselenggarakan akhir tahun, semoga tim PKM UGM juga bisa tampil baik di PIMNAS 2022 ini,”tuturnya, Selasa (27/9/2022). 

 

2. UGM akan bersaing di PIMNAS

Loloskan 117 Judul, UGM Kampus Terbaik Program Kreativitas Mahasiswa  UGM (instagram.com/ugm.yogyakarta)

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Suherman, menambahkan tahun 2022 ini UGM berhasil  meloloskan 84 tim atau judul PKM yang mendapatkan pendanaan dari PKM 8 bidang. Sebanyak 33 tim atau  judul yang mendapatkan insentif dari 2 bidang. Total UGM mendapatkan pendanaan dan insentif untuk 117 judul atau tim PKM tahun 2022.

Untuk mempertahankan prestasi yang diraih, UGM akan menjaga proses regenerasi tim PKM mahasiswa dan dosen pembina serta pendamping PKM. Sebab, hal tersebut menjadi kunci stabilitas prestasi PKM dan PIMNAS. 

“Karena PKM-PIMNAS ini tiap tahun diikuti 1.000 an lebih kampus di Indonesia, sangat kompetifif dan semua kampus terus berbenah setiap tahunnya,” katanya dikutip laman resmi UGM. 

 

Baca Juga: Epidemiolog UGM Ingatkan Booster untuk Lansia Perlu Digenjot  

3. Terdapat 18 perguruan tinggi masuk pemeringkatan PKM 2022

Loloskan 117 Judul, UGM Kampus Terbaik Program Kreativitas Mahasiswa  Mahasiswa UGM ciptakan platform pendeteksi kerumunan. Dok: Humas UGM

Pemeringkatan yang disampaikan Ditjen Dikti tersebut dirilis dalam masing-masing klaster. Ada 18 perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam pemeringkatan yang terbagi dalam 5 klaster berdasar raihan pendanaan dan insentif terbanyak pada PKM 2022.

PKM merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek yang dibuka bagi mahasiswa di universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Terdapat 10 bidang PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa yaitu PKM Riset Eksakta (PKM-RE), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), PKM-Karya Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), PKM Gagasan Futuristik Terpadu (PKM-GFT), serta PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Baca Juga: Mahasiswa UGM Ciptakan Snack Bar AntiStunting dari Bahan Lokal  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya