Libur Panjang Penumpang di Bandara YIA Kulon Progo Meningkat

Belum ada maskapai penerbangan ajukan penambahan jadwal

Kulon Progo, IDN Times - Jumlah penumpang di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo pada libur panjang akhir pekan ini diproyeksikan meningkat.
Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta memperkirakan kenaikan jumlah penumpang dari  tanggal 1 - 4 Juni 2023 akan meningkat baik yang datang atau berangkat.

Menurut Penjabat Pengganti Sementara (PGS) General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Bambang Triyono, pada hari biasa jumlah penumpang yang berangkat dan datang sekitar 13 ribu orang. "Pada libur panjang ini ada peningkatan penumpang. Hari ini mencapai lebih dari 13 ribu penumpang," kata Bambang, Kamis (1/6/2023).

1. Penyebaran penumpang di YIA lebih dinamis

Libur Panjang Penumpang di Bandara YIA Kulon Progo MeningkatBandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA). (IDN Times/Holy Kartika)

Bambang Triyono menambahkan penyebaran penumpang lebih dinamis, artinya tidak menumpuk pada jam tertentu. Para penumpang yang datang maupun berangkat terjadi pada pagi, siang dan sore hari. Jumlah 13 ribu penumpang menurutnya dapat terlayani dengan baik.

"Berpengalaman dari Posko Lebaran 2023 yang mencapai 18 ribu penumpang. penumpang yang datang dapat menggunakan transportasi lain," katanya dikutip Antara.

2. Jumlah penumpang pada hari Minggu bisa mencapai 15 ribu

Libur Panjang Penumpang di Bandara YIA Kulon Progo MeningkatPenumpang menunggu di Bandara YIA Kulon Progo

Bambang memproyeksi jumlah penumpang pada Minggu (4/6/2023) sekitar 14 ribu sampai 15 ribu orang. Cuaca saat ini sangat membantu penerbangan.

Sementara jam operasional bandara tetap sama antara 06.00 WIB sampai 21.00 WIB.
"Kereta api telah mengubah jam layanan supaya dapat mengakomodir penumpang pesawat yang datang malam hari," katanya.

Baca Juga: Jadwal KA Bandara YIA Berubah per 1 Juni 2023, Jangan Salah!

3. Belum ada maskapai ajukan penambahan penerbangan

Libur Panjang Penumpang di Bandara YIA Kulon Progo MeningkatAktivitas Bandar Udara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport) di Kulon Progo, Yogyakarta pada Jum'at (26/01/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Hingga hari ini, belum ada maskapai penerbangan yang mengajukan penambahan penerbangan. Semua penerbangan reguler dalam kondisi normal, hanya optimis okupansi tinggi.

"Memang ada kenaikan penumpang untuk tujuan Balikpapan, Ujung Pandang dan Banjarmasin, kalau Jakarta rutin," katanya.

 

Baca Juga: 8 Hotel Dekat YIA Kulon Progo, Harga Mulai Rp200 Ribuan

Baca Juga: Rahasia Konsep Hotel Grand Dafam Signature International Airport   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya