Kasus Meningkat, Selter COVID-19 Rusunawa Bener Tegalrejo Jogja Penuh 

Kasus baru di Kota Yogyakarta bertambah 336 kasus

Kota Yogyakarta, IDN Times - Selter penanganan pasien COVID-19 Yogyakarta Tower Satu Rusunawa Bener, Tegalrejo Yogyakarta terisi penuh. Jumlah tempat tidur di selter yang mencapai 84 orang terisi penuh sejak hari Rabu (16/2/2022).

Setiap unit di rusunawa memiliki dua kamar sehingga dapat menampung setidaknya dua pasien untuk menjalani isolasi.

“Seluruh unit di rusunawa sudah terisi penuh. Ada yang diisi satu orang per unit tetapi ada juga yang berisi dua atau tiga orang karena berasal dari satu keluarga,” kata Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Okto Heru Santosa, Kamis (17/2/2022). 

1. Strategi penempatan pasien isolasi

Kasus Meningkat, Selter COVID-19 Rusunawa Bener Tegalrejo Jogja Penuh Rusunawa Gemawang Bener, Tegalrejo Kota Yogyakarta / Antara

Okto menerangkan tidak semua unit dapat diisi hingga dua pasien sekaligus karena penempatan pasien harus dilakukan secara selektif, salah satunya hasil laboratorium yang diperoleh pada hari yang sama. Satu unit bisa digunakan oleh pasien yang berasal dari satu keluarga yang sama atau dari satu tempat kos dan asrama yang sama.

“Misalnya hari ini akan masuk lima pasien. Belum tentu hasil laboratorium kelima pasien ini keluar pada hari yang sama sehingga mereka tidak bisa ditempatkan di satu unit yang sama,” katanya dilansir Antara. 

Baca Juga: Waspada! Jumlah Harian COVID-19 di Yogyakarta Bertambah 1.531 Kasus 

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Bakal Tata Wajah Malioboro, Seperti Apa?     

2. Dinkes Yogyakarta siapkan Rusunawa Gemawang

Kasus Meningkat, Selter COVID-19 Rusunawa Bener Tegalrejo Jogja Penuh Rusunawa Gemawang Bener, Tegalrejo Kota Yogyakarta / Antara

Saat ini Dinkes Yogyakarta menyiapkan operasional shelter COVID-19 di Rusunawa Gemawang. Perbaikan sedang dilakukan karena kualitas air kurang baik. “Hanya saja, ada kendala pada kualitas air yang kurang baik. Sekarang sedang ditangani oleh teman-teman dari instansi berwenang,” katanya.

Selter Gemawang dioperasikan pada puncak kasus Delta tahun lalu dan mulai dinonaktifkan pada November 2021 karena kasus yang semakin melandai.

Selain air, Okto mengatakan masih membutuhkan beberapa persiapan tambahan seperti perlengkapan kamar dan CCTV.

“Kondisi bangunan di Tower Dua memang sudah siap. Sembari menunggu seluruhnya siap, maka kami akan mengoperasikan Selter Gemawang. Mudah-mudahan kualitas air bisa dipulihkan secepatnya,” katanya.

3. Kasus baru di Yogyakarta bertambah 336

Kasus Meningkat, Selter COVID-19 Rusunawa Bener Tegalrejo Jogja Penuh Ilustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis (17/2/2022) melonjak sebanyak 1. 531 kasus. Adapun jumlah sampel yang diperiksa 13.768 sampel. Adapun kasus baru di Kota Yogyakarta bertambah 336 kasus, dan jumlah pasien sembuh 39 kasus. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya