Comscore Tracker

Kasus Kebakaran di Kota Yogyakarta Tinggi, Damkar Ingatkan Warga 

Hingga pertengahan tahun terjadi 37 kasus kebakaran  

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Yogyakarta mengingatkan warga untuk waspada terhadap potensi kebakaran saat musim kemarau. 

1. Tahun ini kasus kebakaran terus bertambah

Kasus Kebakaran di Kota Yogyakarta Tinggi, Damkar Ingatkan Warga Ilustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan data Damkar Kota Yogyakarta, tercatat lima kasus kebakaran di Kota Yogyakarta pada Juni dan memberikan bantuan penanganan satu kasus kebakaran di luar Kota Yogyakarta.

"Dari Juni ke Juli 2022 terjadi kenaikan kasus kebakaran yang cukup signifikan. Hingga saat ini, jumlah kasus kebakaran sudah lebih dari 50 persen dibanding total kasus tahun lalu," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat, Jumat (12/8/2022). 

Pada Juli, terjadi kenaikan hingga 11 kejadian kebakaran di dalam Kota Yogyakarta dan memberikan bantuan penanganan untuk sembilan kasus kebakaran di luar kota.

"Pada Agustus, belum ada kejadian kebakaran di dalam kota tetapi kami sempat memberikan bantuan pada tiga kasus kebakaran dalam satu malam di luar kota dengan titik lokasi yang berbeda-beda," katanya dikutip Antara. 

Baca Juga: Besok Minggu, PSIM Jogja Launching Tim dan Jersey di Mandala Krida 

Baca Juga: Belanja Minim Plastik di Litterless Toko Grosir Ramah Lingkungan Jogja

2. Hingga pertengahan tahun terjadi 37 kasus kebakaran di Kota Yogyakarta

Kasus Kebakaran di Kota Yogyakarta Tinggi, Damkar Ingatkan Warga Ilustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Tahun 2021, tercatat 50 kasus kebakaran di dalam Kota Yogyakarta, sementara hingga pertengahan tahun ini sudah terjadi 37 kasus. "Jumlah kasus hingga pertengahan tahun sudah cukup banyak," katanya.

Sebagian besar kasus kebakaran di Kota Yogyakarta disebabkan instalasi listrik yang kurang benar atau jaringan instalasi listrik tidak menggunakan material yang standar dan berkualitas baik.

"Dimungkinkan karena ada pengaruh cuaca yang lebih panas saat kemarau, maka kabel listrik yang tidak standar tadi rentan panas dan akhirnya menimbulkan kebakaran," katanya.

3. Kelalaian manusia jadi pemicu terjadinya kebakaran

Kasus Kebakaran di Kota Yogyakarta Tinggi, Damkar Ingatkan Warga Ilustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Octo Noor mengingatkan masyarakat lebih baik mencabut seluruh setop kontak dan memastikan tidak ada kompor yang sedang menyala.

"Penyebab lain kebakaran adalah faktor kelalaian manusia. Misalnya yang terjadi belum lama ini yaitu terbakarnya pohon karena masyarakat ingin membakar sarang tawon di pohon tersebut," katanya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya