KAI Minta Pengendara Kulon Progo Hati-hati di Perlintasan Kereta    

Hati-hati, kecepatan kereta api di atas 100 km/jam 

Kulon Progo, IDN Times -  PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta mengingatkan pemakai jalan di Kabupaten Kulon Progo, untuk berhati-hati saat melewati perlintasan sebidang seiring peningkatan perjalanan kereta api.

1. Jadwal KA makin banyak

KAI Minta Pengendara Kulon Progo Hati-hati di Perlintasan Kereta    Kereta ke Bandara Yogya International Airport (YIA). (IDN Times/Uni Lubis)

Imbauan disampaikan oleh Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo, lantaran jadwal kereta api Yogyakarta Internasional Airport (YIA) semain banyak. 

"Kami mengharapkan pengertian masyarakat, setelah beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta, kereta api yang melintas sebanyak 120 kereta. Untuk itu, mengimbau masyarakat hati-hati saat melintas jalur kereta," kata Franoto, Sabtu (9/9/2023). 

2. Kecepatan kereta api di atas 100 km per jam

KAI Minta Pengendara Kulon Progo Hati-hati di Perlintasan Kereta    Ilustrasi palang kereta (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Saat ini kecepatan kereta api yang melintas rata-rata di atas 100 kilometer per jam. Untuk itu ia mengimbau, para pengendara agar lebih berhati-hati saat melewati perlintasan sebidang.  "Tak hanya bagi keselamatan pengendara tapi juga kereta dan penumpangnya," jelasnya.

Baca Juga: 8 Fasilitas di Stasiun Tugu Jogja Ini Bikin Betah, Ada Shower Locker

3. Sosialisasi keselamatan terus dilakukan

KAI Minta Pengendara Kulon Progo Hati-hati di Perlintasan Kereta    Ilustrasi palang kereta api (IDN Times/Tunggul Kumoro)

Walau para pengendara di Kulon Progo dinilai lebih tertib, atau tidak banyak yang nekat menerobos perlintasan sebidang saat palang pintu ditutup. Namun PT KAI Daop 6 Yogyakarta berupaya meningkatkan kesadaran pengguna jalan. Pihaknya tidak ingin terjadi kecelakaan di perlintasan kereta. "Sosialisasi keselamatan ke masyarakat terus kami lakukan," kata Franoto.

Baca Juga: 6 Tempat Belanja Oleh-oleh Dekat Bandara YIA, Serba Lengkap!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya