Jokowi Resmikan Yogyakarta International Airport (YIA) Jumat Besok 

Jokowi juga akan bertemu langsung dengan nakes DIY

Kota Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan meresmikan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) pada Jumat (28/8/2020) mendatang. 

Keterangan Sekda Pemda DIY, Baskara Aji Kadarmanta menyatakan Presiden Jokowi akan meresmikan bandara yang terletak di Kabupaten Kulon Progo sekaligus meninjau sejumlah gerai UMKM di Bandara YIA yang diberi nama Pasar Kotagede. 

“Jadi beliau nanti hari Jumat hadir di Bandara YIA untuk meresmikan bandara. Kami Pemda DIY juga  sudah menyiapkan Pasar Kotagede yaitu gerai UMKM di sana yang akan ditinjau oleh beliau,” ujar Baskara Aji di Kantor Gubenur DIY, Rabu (26/8/2020). 

 

 

1. Peresmian Bandara YIA diharapkan naikkan jumlah penerbangan langsung dari seluruh dunia

Jokowi Resmikan Yogyakarta International Airport (YIA) Jumat Besok Bandara Yogyakarta International Airport/ PT Angkasa Pura 1

Pemda DIY berharap setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi, Bandara YIA yang dibangun di atas lahan seluas 216 ribu meter persegi akan semakin dikenal oleh biro perjalanan di luar negeri. 

Dengan dikenalnya Bandara YIA diharapkan direct flight dari kota-kota yang ada di dunia semakin meningkat.

“ Jadi kalau bandara sudah diresmikan Pak Presiden, orang akan lebih mengenal lagi YIA yang ada di Kulon Progo baik dari sisi profil bandaranya. Ini juga bisa merangsang penerbangan langsung flight dari kota kota di Asia, Eropa dan Amerika,” tutur Aji. 

Menurut Aji, Pemda DIY tidak akan mempermasalahkan wisatawan yang datang secara berkelompok, asal tetap mematuhi protokol kesehatan. 

“Pada prinsipnya kita sudah terbuka yang penting mematuhi protokol kesehatan. Kalau berbicara mengenai rombongan atau tidak rombongan yang penting adalah protokol kesehatan,” ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY. 

 

Baca Juga: 3 Ribu Orang Terbang Melalui Bandara YIA Setiap Harinya

2. Berikan bantuan kepada pelaku UMKM

Jokowi Resmikan Yogyakarta International Airport (YIA) Jumat Besok Perajin Batik di Lendah Kulon Progo / Dokumentasi DPRD DIY

Selain meresmikan Bandara YIA, Presiden Jokowi akan memberikan secara simbolis Bantuan Presiden (Banpres) kepada pelaku UMKM seluruh Indonesia di Gedung Agung Yogyakarta. 

“Setelah Jumatan bertempat di Gdung Agung secara simbolis akan diberikan Bantuan Presiden kepada pelaku UMKM se-Indonesia yang diwakili sekitar 50 pelaku UMKM yang ada DIY.”

Baca Juga: Menkop Kucurkan Rp28,8 Triliun untuk Stimulus 12 Juta UMKM dan PKL   

3. Jokowi akan bertemu langsung dengan tenaga kesehatan DIY

Jokowi Resmikan Yogyakarta International Airport (YIA) Jumat Besok Ilustrasi nakes. Instagram.com/rumahsakitlapangan

Selama berada di Yogyakarta, Jokowi juga akan bertemu dengan bupati dan perwakilan rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di DIY. 

Aji menerangkan pertemuan yang dilakukan di Kantor Gubernur DIY, Presiden akan memberikan apresiasi secara langsung kepada tenaga kesehatan di DIY. 

“Saya kira ini bagian dari pernah disampaikan Pak Presiden, bahwa DIY bagus dalam manajemen penanganan COVID. Ini juga untuk menyemangati teman-teman (nakes) untuk bisa menanggulangi atau mengelola COVID.” 

Baca Juga: Bantuan Presiden untuk 12 Juta UMKM, Jokowi: Ini Hibah, Bukan Pinjaman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya